Susu UHT susu adalah salah satu jenis susu yang diolah menggunakan teknologi Ultra-High Temperature yang merupakan metode pengolahan susu sapi dengan menggunakan teknologi pemanasan tingkat tinggi dalam waktu yang singkat. Prosesnya hampir mirip dengan metode memanaskan pada susu pasteurisasi. Perbedaanya yaitu ada pada durasi dan juga suhunya. 


Susu UHT dipanaskan dengan suhu 135-154°C selama 1 sampai dengan maksimal 8 detik. Setelah melewati proses tersebut, kemudian susu akan langsung dikemas dalam karton atau kaleng steril.


Susu UHT memiliki waktu simpan yang lebih panjang dibandingkan dengan jenis susu lainnya. Dengan catatan susu disimpan dalam keadaan tertutup rapat. Daya tahannya bahkan bisa mencapai hingga 9 bulan tanpa perlu disimpan di kulkas. Akan tetapi jika kemasan susu sudah dibuka dan tidak disimpan pada lemari es, masa daya simpannya sekitar 3-4 hari.


Susu UHT memiliki berbagai manfaat yang baik bagi tubuh manusia, seperti:


  1. Menjaga kesehatan tulang

Sudah bukan rahasia lagi, susu sapi kaya akan kalsium yang baik bagi tulang. Ya, zat tersebut dapat membantu meningkatkan kepadatan mineral tulang sehingga tulang tetap kokoh dan tidak mudah rapuh.


Kebutuhan manusia akan kalsium yaitu 1.000-1.200 mg per hari. Nah, dengan mengkonsumsi segelas susu, Anda bisa memenuhi keperluan kalsium harian sebesar 17 sampai 20,5 persen.


  1. Membantu pembentukan otot

Selain baik untuk tulang, kandungan protein yang ada pada susu juga mampu membantu meningkatkan massa otot Anda. Protein tersebut akan dipecah oleh tubuh menjadi asam amino dan selanjutnya, asam amino-lah yang akan bertugas dalam membantu memperbaiki dan menumbuhkan serat otot yang baru.


Massa otot sangat diperlukan dalam menjaga metabolisme tubuh serta membantu anggota gerak agar tetap kuat.


  1. Memenuhi kebutuhan gizi

Susu merupakan asupan yang baik karena dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi. Hal tersebut karena dengan meminum segelas susu Anda bisa mendapatkan berbagai jenis zat gizi makro dan mikro sekaligus. Zat-zat tersebut diantaranya yaitu protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral.


Jika asupan gizi terpenuhi dengan baik, maka hal tersebut dapat membantu tubuh Anda bekerja lebih optimal serta menghindarkan Anda dari berbagai jenis penyakit.


Setelah menyimak informasi diatas, pastikan Anda rutin mengkonsumsi susu ya. Untuk susu UHT terbaik, Anda bisa mempercayakannya pada produk Greenfields.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nyaman Sepanjang Malam dengan Popok Confidence Night

8 Model Kalung Emas Terbaru yang Kekinian

Memilih Model Cincin Tunangan Berdasarkan Makna Psikologis