Ketahui Tips Sebelum Melakukan Pinjaman Online

Dalam menjalankan bisnis pasti ada hal yang harus diterima, yaitu untung dan rugi. Hampir semua pebisnis baik mikro, kecil, menengah, atau besar pernah mengalami banyak tantangan. Salah satunya adalah kesediaan modal. Butuh dana cepat agar usaha tersebut bisa segera terlaksana. Salah satu cara untuk mendapatkan modal cepat dengan mengajukan pinjaman online.

Karena pesatnya teknologi informasi membuat banyak muncul pinjaman online. Meskipun butuh dana cepat, ada baiknya sebelum memutuskan untuk melakukan pinjaman online. Memilih yang benar-benar dapat dipercaya dan benar-benar dibutuhkan untuk usaha. Bukan malah mencekik sehingga memberatkan nasabah. Berikut tips yang bisa digunakan sebelum melakukan pinjaman online.

1. Terdaftar di OJK

Tips yang pertama adalah pinjaman online tersebut sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Karena OJK akan melindungi nasabah dari bunga yang terlalu tinggi. Selain itu OJK juga memberikan batas maksimum bunga yang sudah ditetapkan bersama AFPI (Asosiasi Fintech Pendanaan bersama Indonesia). OJK juga mengatur perilaku pinjaman online, mulai dari penagihan yang wajar dan beretika. 

2. Transparan

Tips yang kedua adalah pinjaman online tersebut transparan terhadap pinjamannya. Transparan pinjaman  itu meliputi kalkulator peminjaman, syarat dan ketentuan, dan layanan konsumen. Untuk kalkulator pinjaman biasanya sudah ada di dalam aplikasi pinjaman online. Didalamnya sudah ada besarnya bunga, pilihan tenor, dan jumlah yang harus dibayarkan. Pilih juga yang memiliki customer service yang mudah dihubungi. Tentunya harus memiliki nomor handphone.

3. Pilih produk yang sesuai dengan kebutuhan

Yang harus diperhatikan nasabah ketika akan meminjam adalah pemahaman atas produk yang ditawarkan. Pelajari dengan benar produk tersebut, apakah sesuai dengan kebutuhan. Misalnya nasabah membutuhkan dana untuk usaha, namun produk yang diambil adalah kredit yang cepat cair namun jumlahnya kecil tapi bunganya tinggi. Maka itu sudah tidak sesuai dengan kebutuhan.

4. Pahami bunga dan biaya pinjaman

Salah satu keuntungan memilih pinjaman online adalah kecepatan dan kemudahan dalam mencairkan dana paling lama 24 jam. Tetapi, pinjaman online juga memberikan bunga kredit yang lumayan besar. Meskipun sudah diatur dalam asosiasi fintech, jumlah maksimum bunganya adalah 0,8% per hari. Kelihatan kecil, namun jika dikalkulasikan selama sebulan bisa 2,4% per bulan. 

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan sebelum melakukan pinjaman online. Meskipun butuh dana cepat, pastikan meminjam sesuai dengan kemampuan. Ketika sudah memutuskan untuk melakukan pinjaman online maka sudah setuju atas semua peraturan. Perhatikan dengan benar soal bunga dan besarnya pembayaran. Semoga bermanfaat.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Pelembab yang Cocok Untuk Kulit Berjerawat

Kelebihan dan Manfaat Kalender meja

Tips Memutihkan Wajah yang Aman dan Cepat