PROSPEK KERJA TEKNIK INFORMATIKA DENGAN GELAR ILMU KOMPUTER

 prospek kerja teknik informatika


Jika Anda telah mempelajari ilmu komputer, Anda akan memperoleh banyak keterampilan teknis dan non-teknis yang sangat dihargai oleh perusahaan, mulai dari kepemimpinan hingga pemrograman. Cakupan ilmu komputer yang semakin meningkat berarti Anda memiliki banyak pilihan prospek kerja teknik informatika lulusan IDS Digital Collage di berbagai bidang yang sangat terspesialisasi. 

Teknologi komputer merupakan bagian integral dari kehidupan modern, jadi Anda kemungkinan besar akan mendapati keterampilan ilmu komputer Anda sangat diminati di banyak industri yang berbeda. Ini termasuk perusahaan keuangan, perusahaan konsultan manajemen, perusahaan perangkat lunak, perusahaan komunikasi, gudang database, perusahaan multinasional, lembaga pemerintah, universitas, dan rumah sakit. 

Seperti biasa, sangat bermanfaat untuk menyelesaikan pengalaman kerja yang relevan. Anda juga harus mempertimbangkan untuk menyusun portofolio proyek independen Anda sendiri di luar gelar Anda, yang bisa dalam bentuk pemrograman, memoderasi secara online atau bahkan membuat aplikasi. Ini akan menunjukkan kepada perusahaan pada subjek dan keterampilan pemecahan masalah, kreativitas, dan inisiatif Anda.

jurusan teknik informatika

Konsultan TI (Teknologi Informasi)

Bekerja dalam kemitraan dengan klien,  konsultan TI  memberi nasihat kepada klien tentang perencanaan, desain, pemasangan, dan penggunaan sistem teknologi informasi. Khususnya untuk memenuhi tujuan bisnis mereka, mengatasi masalah atau meningkatkan struktur dan efisiensi sistem TI mereka.

Karena Anda mewakili peran luas dalam TI, pekerjaan Anda akan serupa dengan analis sistem, perancang sistem, dan pemrogram aplikasi. Dimana perannya lebih terspesialisasi tetapi tetap bekerja pada basis konsultasi. Anda juga dapat terlibat dalam penjualan dan pengembangan bisnis, mengidentifikasi klien potensial, dan memelihara kontak bisnis yang baik. Ada persaingan ketat dalam prospek kerja teknik informatika ini, jadi mendapatkan pengalaman kerja di lingkungan komersial akan membantu meningkatkan prospek Anda.

Konsultan Keamanan Siber / Cyber

Bergantung pada spesialisasi ilmu komputer apa yang Anda pelajari selama gelar Anda, Anda mungkin ingin berspesialisasi sebagai konsultan keamanan siber atau spesialis keamanan TI. Menjaga keamanan dunia maya menjadi semakin penting, sehingga dalam peran ini Anda akan fokus untuk memahami risiko keamanan informasi atau data.

Anda akan menganalisis dimana pelanggaran keamanan dapat terjadi atau telah terjadi, dan memulihkan atau memperkuat sistem terhadap pelanggaran tersebut, untuk memastikan bahwa data rahasia dilindungi. Peran ini dapat mencakup peretasan, yang berarti dengan sengaja mencoba meretas jaringan perusahaan Anda untuk mengungkap kelemahan apa pun. Atau, Anda bisa bekerja sebagai analis atau penyidik ​​forensik komputer untuk memerangi fenomena kejahatan dunia maya yang meningkat.

Administrator Database

Seorang database administrator (DBA) bertanggung jawab secara akurat dan aman untuk menggunakan, mengembangkan dan mempertahankan kinerja, integritas dan keamanan database terkomputerisasi. Peran khusus selalu ditentukan oleh perusahaan yang bersangkutan, tetapi kemungkinan berarti terlibat secara murni dalam pemeliharaan database atau mengkhususkan diri dalam pengembangan database. Peran tersebut juga bergantung pada jenis database dan proses serta kapabilitas sistem manajemen database (DBMS) yang digunakan di perusahaan Anda.

Biasanya, peran ini termasuk memastikan data tetap konsisten, didefinisikan dengan jelas, mudah diakses, aman, dan dapat dipulihkan dalam keadaan darurat. Anda juga akan diminta untuk memecahkan masalah jika ada masalah yang muncul; bekerja sama dengan programmer, staff operasional, manajer proyek TI dan staf teknis; memberikan pelatihan pengguna, dukungan dan umpan balik; dan menulis laporan, dokumentasi dan manual pengoperasian.

Karier Ilmu Komputer Lainnya

Jika tidak ada karir ilmu komputer di atas yang cocok untuk Anda, pilihan prospek kerja teknik informatika lain sebagai lulusan IDS Digital Collage dengan gelar ilmu komputer. Itu adalah bekerja di bidang pengembangan lain (seperti web, game, sistem, produk, program, dan perangkat lunak), sebagai analis (baik itu kelangsungan bisnis, sistem atau teknis), sebagai administrator (database atau jaringan), atau dalam kapasitas penelitian akademis atau industri, memberikan kontribusi pada pengembangan komputer dan teknologi terkait yang sedang berlangsung. Anda juga dapat mengejar karir ilmu komputer dalam bidang pengajaran, pelatihan TI, jurnalisme, manajemen, atau kewirausahaan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih Model Cincin Tunangan Berdasarkan Makna Psikologis

Cincin Simple Minimalis untuk Pernikahan yang Berkesan

Keuntungan Menggandeng Integrated Marketing Agency Sebagai Partner Bisnis