Aktivitas Stimulasi Anak 2 Tahun Agar Si Kecil Tumbuh Cerdas

Anak 2 tahun sudah bisa distimulasi dengan beberapa metode. Stimulasi sangat penting untuk mengoptimalkan kecerdasannya. Stimulasi anak 2 tahun bisa dilakukan dengan beberapa metode. Nah, di sini, kami akan menjelaskan bagaimana caranya kepada Anda. Ada beberapa stimulasi yang bagus untuk usia 2 tahun, berikut ulasannya:

1.  Mengajarkan Si Kecil Menyusun Benda Sesuai Ukurannya

Permainan keterampilan menysun benda sangat bagus untuk stimulasi si kecil. Permainan ini akan mengajarkan si kecil untuk menyelesaikan tugas. Caranya adalah menyusun benda-benda sesuai dengan ukurannya. Permainan ini juga mengajarkan si kecil berkonsentrasi saat memecahkan masalah.

2.  Permainan Teka-Teki

Permainan teka-teki atau puzzle, adalah permainan yang sangat cocok untuk stimulasi anak 2 hingga 3 tahun. Pilih permainan puzzle yang cocok untuk anak-anak. Kegiatan ini bisa merangsang imajinasi sekaligus kreativitasnya. Permainan puzzle juga dapat menstimulasi sensorik halus si kecil.

3.  Mengajak Bermain pasir, Clay, Atau Melukis

Ajaklah si kecil bermain sebuah permainan di mana mereka bisa menciptakan sesuatu dengan tangannya sendiri. Beberapa permainan yang bisa Anda berikan seperti clay, melukis, hingga bermain pasir. Permainan-permainan ini bisa membantu si kecil mengembang kan pemikiran abstrak mereka.

4.  Membacakan Buku Cerita dan Menanyakannya Kembali

Pilih salah satu buku cerita yang disukai oleh si kecil. Bacakan hingga selesai. Setelah itu, tanyakan beberapa bagian cerita yang sudah Anda bacakan tadi. Misalnya menanyakan nama tokoh, nama benda, atau menanyakan si kecil adegan yang terjadi pada beberapa kisah yang dibacakan. Manfaatnya bagus untuk tumbuh kembang anak.

5.  Permainan Kartu memori

Permainan mudah dimainkan. Silahkan Anda ambil kartu bergambar yang disukai si kecil. Silahkan susun dengan posisi gambar yang menghadap ke bagian atas. Tunjukan semua gambarnya, kemudian balikan, atau tutup gambar tersebut. Tanyakan pada si kecil gambar pilihan Anda berada di kartu mana. Permainan ini dapat mengasah daya ingat anak.

Demikian 5 stimulasi anak 2 tahun yang bisa Anda coba dimainkan bersama si kecil. Selain itu, masih banyak stimulasi yang bisa Anda mainkan bersama si kecil untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya agar menjadi semakin lebih optimal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih Model Cincin Tunangan Berdasarkan Makna Psikologis

Cincin Simple Minimalis untuk Pernikahan yang Berkesan

Keuntungan Menggandeng Integrated Marketing Agency Sebagai Partner Bisnis