Cara Memilih Berlian Terbaik Untuk Hadiah Pernikahan Berikut Ini

Ketika sudah cukup umur untuk menikah tentunya mempelai pria akan memberikan sebuah mahar untuk mempelai wanita. Umumnya mahar yang diberikan berupa beberapa gram emas dan juga seperangkat alat ibadah bagi penganut agama Islam, tapi terkadang ada juga yang menambahkannya dengan perhiasan berlian guna membuktikan ketulusan niatnya mempersunting mempelai wanita. Dan tentunya mempelai pria akan memilihkan sendiri untuk hadiah pernikahan nya itu.

Mungkin bagi sebagian banyak pria tidak terlalu familiar dengan perhiasan dan permata. Tentu berbeda dengan wanita yang kebanyakan justru menggemari sekali dengan berbagai perhiasan terutama yang bersematkan berlian yang tambah terlihat cantik jika dikenakan.

Berlian ini merupakan sebuah intan yang sudah melalui beberapa proses seperti pemotongan dan pemolesan sesuai dengan standar sehingga menjadi bentuk yang indah dan cantik. Selain merupakan jenis batuan paling keras di bumi, cahaya dari berlian ini dapat dibiaskan, dipantulkan, dan juga didispersikan sehingga membuat berlian memiliki indeks bias yang paling tinggi diantara batuan mineral lainnya.

Berdasarkan The Gemological Institute of America (GIA) yang merupakan sebuah lembaga otoritas pemerika berlian, dalam hal warna, berlian memiliki skala warnanya sendiri mulai dari tingkatan D diberikan untuk berlian yang tidak berwarna dan tingkat Z yang berikan kepada berlian dengan warna kuning muda atau coklat. Mungkin menurut kamu berlian dengan tingkatan warna Z akan lebih mahal karena lebih berwarna dan menarik, tapi justru yang lebih mahal adalah berlian tingkat D yang dinilai lebih memiliki warna berlian terbaik.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, melainkan karena pada berlian putih yang memiliki campuran warna kuning dapat menurunkan harga. Jadi, semakin putih warna pada berlian maka harganya pun akan semakin mahal di pasaran.

Jadi, buat kamu yang akan segera bertunangan jangan sampai salah memilih hadiah pernikahan untuk pasangan. Walaupun pada dasarnya tidak ada permata yang benar-benar murni karena adanya pengaruh zat kimia pada berlian, tapi paling tidak kamu tetap harus bisa memilihkan berlian yang terbaik dan sekiranya akan memuaskan hati pasangan kamu.

Selain itu, terdapat juga berlian dengan warna lainnya seperti warna pink, biru, merah, dan warna kuning yang memiliki harga lebih mahal daripada berlian dengan warna lain. Dan yang perlu kamu ketahui sebenarnya adalah terdapat empat kategori pada warna berlian berdasarkan harganya.

  1. Kategori pertama, yaitu umumnya berlian dengan warna abu-abu dan coklat kekuningan yang memiliki harga relatif murah.
  2. Kategori kedua, yaitu berlian dengan harga sedang yang berwarna kuning terang dan oranye kekuningan. Umumnya, berlian dengan intensitas warna utamanya oranye murni akan memiliki nilai harga jual yang sangat mahal di pasaran.
  3. Kategori ketiga, berlian dengan warna pink, ungu, violet, dan juga warna biru yang sangat terbatas jumlahnya ini memiliki nilai harga jual yang sangat tinggi.
  4. Dan kategori keempat, yaitu berlian dengan warna merah dan berlian ini dapat disebut sebagai berlian dengan harga yang sangat mahal.

Selanjutnya adalah berlian dengan tingkatan warna F pada berlian putih merupakan berlian dengan harga termahal. Tentu saja selain warna, kamu juga harus memperhatikan berlian mulai dari potongan, karat, dan juga kejernihannya. Kamu dapat mengukur sendiri berlian untuk hadiah pernikahan pilihanmu dengan melihatnya menggunakan cahaya pada siang hari. Caranya kamu hanya perlu memposisikan berliannya menghadap ke bawah, maka akan terlihat warna pada berlian. Setelah itu kamu dapat mencocokkan warna berlian tersebut sesuai dengan yang diklasifikasi oleh GIA.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Pelembab yang Cocok Untuk Kulit Berjerawat

Penuhi Kebutuhan Informasi dengan Qnet MLM

Ring Mens Collection Dan Cara Merawatnya