Kenali 4 Tahap Perkembangan Kognitif Anak




Perkembangan kognitif merupakan perkembangan yang berhubungan dengan kemampuan dalam memahami sesuatu. Mereka yang memiliki perkembangan kognitif baik bisa menyelesaikan masalah, mengambil keputusan, dan lain sebagainya. Menurut tokoh psikologi dunia John Piaget, tahap perkembangan anak pada aspek kognitif dibagi menjadi 4 yaitu:



Tahap Sensorimotor

Tahapan pertama dimulai saat usia 0-24 bulan yaitu tahap sensorimotor. Pada fase ini, Si Kecil memiliki kemampuan yang sangat terbatas pada panca indera maupun gerak refleknya. Selanjutnya gerak reflek yang dilakukan akan menjadi kebiasaan bagi mereka. Si Kecil belum bisa mempertimbangkan antara kepentingan, kebutuhan, dan keinginan sehingga dianggap sebagai egosentris.



Tahap Pra Operasional

Tahap perkembangan anak pada aspek kognitif selanjutnya adalah tahap pra operasional yang terjadi saat Si Kecil berusia 2-7 tahun. Meskipun terbatas, anak sudah bisa menerima rangsangan. Sikap mereka masih tergolong egosentris karena bisa mempertimbangkan sesuatu tanpa melihat pandangan orang lain. Mereka biasanya juga sudah bisa mengklasifikasikan objek misalnya mengumpulkan bola berwarna biru, dan lain sebagainya.



Tahap Operasional Konkret

Tahap operasional konkret dimulai saat Si Kecil berusia 7 tahun hingga 11 tahun. Kemampuan kognitif anak seperti mengingat dan berpikir logis sudah mulai berkembang. Mereka mulai bisa memahami konsep dari sebab akibat. Sikap egosentris yang dimiliki mulai menghilang secara perlahan. Biasanya anak sudah bisa melihat masalah dari sudut pandang orang lain.




Tahap Operasional Formal

Tahap terakhir adalah tahap operasional formal saat Si Kecil berusia 11 tahun ke atas. Anak sudah mampu menguasai penalaran dan memiliki pola pikir abstrak. Mereka bisa mendapatkan kesimpulan berdasarkan apa yang diketahui. Bahkan mereka juga sudah paham mengenai konsep abstrak seperti nilai dan cinta. Masa ini adalah masa peralihan antara masa anak-anak ke masa remaja.


Itulah tahap perkembangan anak pada aspek kognitif yang harus Anda ketahui. Demi mendukung perkembangan anak, Mam perlu menyediakan nutrisi lengkap dan seimbang. Nutrisi bisa didapatkan dari makanan bergizi yang dilengkapi dengan susu pertumbuhan. Wyeth Nutrition menawarkan susu pertumbuhan untuk anak 1 tahun ke atas. Anda bisa mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai produk Wyeth Nutrition di www.wyethnutrition.co.id. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Model Cincin Berlian Terbaik dan Mewah

Ring Mens Collection Dan Cara Merawatnya

Rekomendasi Pelembab yang Cocok Untuk Kulit Berjerawat