5 Nutrisi yang Harus Terkandung dalam Bubur Bayi Terbaik

Bubur bayi adalah MPASI yang tepat bagi Si Kecil yang baru mulai mengenal makanan padat. Biasanya bayi mulai mengonsumsi MPASI ketika memasuki usia 6 bulan. Pemberian MPASI ini berguna untuk memenuhi kebutuhan gizi serta nutrisi yang tidak bisa dipenuhi hanya dengan ASI seperti di awal kehidupannya. Karena hal tersebut, nutrisi yang terkandung dalam bubur bayi terbaik harus diperhatikan dengan baik. Berikut ini adalah 5 macam nutrisi yang harus terkandung dalam makanan Si Kecil:

Karbohidrat

Nutrisi pertama yang harus terpenuhi adalah karbohidrat. Manfaat utama nutrisi ini yaitu sebagai sumber energi yang berperan dalam menjalankan berbagai fungsi tubuh. Selain itu, karbohidrat juga membantu memenuhi kebutuhan kalori dan mengurangi risiko penyakit. Beberapa makanan yang mengandung karbohidrat yaitu ubi, beras, gandum, dan kentang.

Protein

Bubur bayi terbaik juga harus mengandung protein. Ada dua jenis sumber protein yang mungkin sudah Anda ketahui yaitu protein nabati dan protein hewani. Protein hewani berasal dari makanan seperti daging, ayam, telur, udang, dan ikan. Sementara protein hewani berasal dari tahu dan tempe.

Lemak

Berbeda dengan orang dewasa yang menghindari lemak, anak-anak membutuhkan lemak untuk membantu proses tumbuh kembangnya. Pada saat membuat bubur bayi Anda bisa menambahkan mentega tanpa garam, santan, atau minyak. Pasalnya bumbu tersebut merupakan sumber minyak. 

Serat

Serat merupakan nutrisi penting yang membantu menjaga kesehatan pencernaan anak. Oleh sebab itu, Anda tidak boleh meninggalkan nutrisi satu ini. Serat bisa didapatkan melalui buah-buahan atau sayur-sayuran.

Zat Besi

Zat besi merupakan nutrisi yang bisa membantu mengoptimalkan perkembangan otak anak. Menurut anjuran Ikatan Dokter Anak Indonesia, Si Kecil membutuhkan zat besi sebanyak dua kali dalam sehari. Anda bisa memenuhi kebutuhan zat besi dengan menambahkan daging, telur, bayam, brokoli, dan lain-lain.

Itulah 5 nutrisi penting yang harus terkandung dalam bubur bayi terbaik. Salah satu bubur bayi instan yang mengandung nutrisi-nutrisi di atas adalah Nestle Cerelac. Pada anak usia 6 bulan, Anda bisa memberikannya sebanyak 2-3 sendok sekali makan. Ada banyak sekali pilihan rasa yang disediakan mulai dari ayam bawang, rasa buah-buahan, beras merah, kacang hijau, sayur-sayuran, dan lain sebagainya. Anda bisa mengunjungi website www.cerelac.co.id untuk melihat varian rasanya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih Model Cincin Tunangan Berdasarkan Makna Psikologis

Cincin Simple Minimalis untuk Pernikahan yang Berkesan

Keuntungan Menggandeng Integrated Marketing Agency Sebagai Partner Bisnis