Cara Menyembuhkan Batuk Pada Anak yang Aman

Obat batuk dan pilek yang dijual bebas dapat menyebabkan efek samping yang serius pada anak kecil. Dari usia 4 hingga 6 tahun, obat bebas harus digunakan hanya jika direkomendasikan oleh dokter anak Anda. Setelah usia 6 tahun, obat-obatan aman digunakan, tetapi ikuti petunjuk dosis pada kemasan sebagai cara menyembuhkan batuk pada anak.

Untungnya, Anda dapat dengan mudah mengobati batuk dan pilek pada anak kecil tanpa obat kimia ini. Pengobatan rumahan yang baik aman, murah dan sama bermanfaatnya dengan obat-obatan tersebut. Mereka juga ditemukan di hampir setiap rumah. Lihat di bawah untuk mempelajari bagaimana Anda dapat mengobati gejala anak Anda dengan pengobatan rumah yang sederhana namun efektif daripada obat-obatan.

Untuk pilek, cukup hisap atau tiup. Ketika hidung anak Anda meler, itu berarti virus sedang disingkirkan. Antihistamin tidak membantu rata-rata pilek. Namun, mereka berguna dan disetujui jika pilek disebabkan oleh alergi hidung (hay fever).

Jika anak Anda memiliki hidung tersumbat, gunakan pencuci hidung sesuai dengan petunjuk berikut:

  • Gunakan semprotan atau tetes hidung saline untuk melonggarkan lendir kering, diikuti dengan meniup atau menyedot hidung. Jika barang-barang ini tidak tersedia, air hangat akan bekerja dengan baik.
  • Tempatkan 2 atau 3 tetes di setiap lubang hidung, satu sisi pada satu waktu, lalu hisap atau tiup. Ulangi mencuci hidung sampai kembali bersih.
  • Gunakan pencuci hidung setiap kali anak Anda tidak dapat bernapas melalui hidungnya. Untuk bayi yang menyusu dengan botol atau ASI, gunakan obat tetes hidung sebelum menyusu.
  • Tetes dan semprotan hidung saline tersedia di semua apotek tanpa resep dokter. Untuk membuatnya sendiri, tambahkan 1/2 sendok teh garam meja ke dalam 1 cangkir air keran hangat.
  • Untuk lendir yang lengket dan membandel, bersihkan dengan kapas basah.
  • Tidak ada obat yang dapat menghilangkan lendir kering atau nanah dari hidung.

Untuk anak yang sedang batuk, gunakan obat batuk buatan sendiri.

  • Untuk anak usia 3 bulan hingga 1 tahun, berikan cairan hangat dan bening (seperti air atau jus apel). Berikan 1 hingga 3 sendok teh empat kali sehari saat batuk. Hindari madu karena dapat menyebabkan botulisme infantil. Jika bayi lebih muda dari 3 bulan, temui dokter anak Anda.
  • Anak-anak 1 tahun ke atas dapat menggunakan 1/2 hingga 1 sendok teh madu atau sirup jagung sesuai kebutuhan. Madu akan membantu mengencerkan sekret dan bisa menjadi salah satu cara menyembuhkan batuk pada anak. Para ahli telah menemukan bahwa khasiat madu ini lebih baik daripada sirup obat batuk yang ada di toko obat. Khususnya untuk mengurangi frekuensi serta keparahan batuk saat malam hari.
  • Untuk anak-anak 6 tahun ke atas, gunakan obat batuk untuk melapisi tenggorokan yang teriritasi. Anda juga dapat menggunakan permen pelega tenggorokan jika obat batuk tidak tersedia.

Bantu anak Anda minum banyak cairan. Tetap terhidrasi dengan baik mengencerkan sekresi tubuh, membuatnya lebih mudah untuk batuk dan meniup hidung.

Apabila udara di rumah Anda kering, Anda bisa gunakan pelembab udara. Udara lembab membuat lendir hidung tidak mengering dan melumasi jalan napas. Pastikan Anda mengetahui jenis pelembab udara yang Anda miliki dan cara menggunakannya dengan aman. Sehingga cara yang satu ini juga sangat efektif sebagai cara menyembuhkan batuk pada anak.

Perawatan Tidak Selalu Diperlukan

Banyak anak dengan batuk atau hidung tersumbat tetap seperti biasanya, mereka senang, bermain normal dan tidur nyenyak. Hanya obati gejalanya jika menyebabkan ketidaknyamanan, mengganggu tidur, atau benar-benar mengganggu anak Anda (seperti batuk berdahak).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Model Cincin Berlian Terbaik dan Mewah

Ring Mens Collection Dan Cara Merawatnya

Rekomendasi Pelembab yang Cocok Untuk Kulit Berjerawat