Ciri-Ciri Kecanduan Gadget

Gadget adalah salah satu benda yang saat ini menjadi trend dan banyak digunakan, karena dengan menggunakannya akan dimudahkan segala urusannya. Namun selain memiliki banyak hal yang memudahkan juga ada sisi tidak baiknya seperti halnya kecanduan gadget yang bisa membuat anak lebih suka memainkan gadgetnya daripada melakukan aktifitas lain. Ini akan berdampak pada kesehatan anak, baik itu secara fisik maupun non fisiknya.

Maka dari itu sebisa mungkin Ayah dan bunda bisa meminimalisir penggunaan gadget ini, dengan cara menggunakan seperlunya. Nah sebenarnya apa sih ciri-ciri umumnya anak kecanduan gadget ini?

Ciri-Ciri Anak Kecanduan Gadget

  1. Pada saat Anda larang untuk tidak bermain gadget biasanya anak akan cenderung marah, melawan, menangis atau tantrum.

  2. Sering menunda pekerjaan, ini biasanya terjadi pada anak yang sudah lancar dalam berkomunikasi. Dalam hal ini anak lebih suka untuk bermain gadget dibandingkan dengan menyelesaikan tanggung jawabnya. 

  3. Jam tidurnya berkurang, ini dikarenakan anak terpapar layar gadget secara berlebihan.

  4. Jam makan anak jadi terganggu karena pada saat makan anak selalu meminta untuk bermain game dan menonton. 

  5. Sulit dan tidak mau bersosialisasi, hal ini dikarenakan anak sudah merasa asyik dengan dunia virtualnya sendiri.

Beberapa ciri diatas tentunya jika terjadi pada anak haruslah Ayah dan bunda mengambil tindakan yang tepat. Sebelum terlanjur terlalu dalam, sebaiknya orang tua dalam hal ini benar-benar memperhatikan dan mengarahkan buah hatinya.

Dalam hal ini langkah pertama yang penting dilakukan oleh Ayah dan Bunda yaitu dengan cara menjadikan dirinya sebagai contoh yang baik bagi anaknya. Yaitu tidak sering main gadget dan terlalu sibuk dengan gadget, karena tidak dipungkiri saat ini orang dewasa pun juga banyak yang lalai dalam main gadget sehingga ini sangat berpeluang di tiru anak. Maka dari itu sebaiknya mawas diri dan tahu batasan dalam menggunakan gadget.

Selain memberikan contoh Ayah dan bunda juga penting untuk membuat jadwal anak dalam bermain gadget, ini Ayah dan bunda juga harus komitmen dengan aturan yang dibuat dengan anak, supaya anak juga bisa berkomitmen dan mengetahui bahwa ayah dan bundanya konsisten dalam membuat aturan untuknya. Nah beberapa ciri dan cara mengatasi kecanduan gadget pada anak ini sekiranya bisa menjadi referensi untuk Anda.  


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih Model Cincin Tunangan Berdasarkan Makna Psikologis

Cincin Simple Minimalis untuk Pernikahan yang Berkesan

Keuntungan Menggandeng Integrated Marketing Agency Sebagai Partner Bisnis