Perbedaan Tabungan Berjangka dan Deposito

 

Deposito dan tabungan berjangka merupakan dua produk simpanan yang ditawarkan oleh setiap bank di Indonesia. Keduanya sama-sama memiliki jangka waktu dan dana yang ditabung tidak bisa diambil begitu saja. Namun ternyata tabungan jenis berjangka dan deposito merupakan dua produk yang berbeda. Apakah Anda penasaran dengan perbedaanya? Berikut pembahasannya:

Penyetoran Dana

Perbedaan pertama ada pada proses penyetoran dana. Pada produk deposito, bank mewajibkan nasabah untuk melakukan setoran di awal. Bank juga menerapkan angka minimum pada setoran yang harus dibayarkan nasabah. Biasanya setoran minimumnya antara Rp 8 juta hingga Rp 10 juta.

Sementara produk tabungan berjangka berbeda. Tidak ada batas minimum setoran awal yang tinggi seperti produk deposito. Biasanya setoran awal mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 500.000 saja. Namun nasabah diharuskan melakukan pembayaran setiap bulan dengan sistem autodebet.

Jangka Waktu 

Jangka waktu atau yang lebih dikenal dengan istilah tenor diterapkan pada kedua produk ini. Namun tabungan jenis berjangka lebih fleksibel jika dibandingkan dengan produk deposito. Pasalnya tabungan tersebut mengharuskan nasabah untuk melakukan setoran per bulan. Jadi setoran tersebut harus disesuaikan dengan target dana.

Sebagai contoh Anda memiliki target dana sebesar Rp 50 juta. Setoran awal yang dibayarkan adalah Rp 10 juta. Jangka waktu bisa menyesuaikan kemampuan Anda. Sebagai contoh jika Anda mampu menabung Rp 5 juta per bulan, maka tenor yang dibutuhkan hanya 8 bulan saja. Namun jika Anda hanya mampu menabung Rp 2 juta per bulan, maka tenor lebih panjang yaitu 20 bulan.

Sedangkan jangka waktu dari deposito bersifat kaku. Jika ingin melanjutkan deposito, Anda harus mendaftarkannya setelah jangka waktu berakhir.

Biaya

Tabungan jenis berjangka dan deposito sama-sama memiliki biaya penalti. Namun biaya penalti deposito hanya ketika nasabah mengambil uang sebelum jangka waktu selesai. Sedangkan penalti tabungan jenis berjangka yaitu penalti pengambilan dana sebelum tenor berakhir dan penalti karena tidak menabung setiap bulan.

Itulah perbedaan antara tabungan berjangka dan juga deposito. Tertarik untuk menabung pada tabungan jenis berjangka? Bank Danamon menawarkannya dalam produk Tabungan Cita2Ku. Tabungan tersebut memiliki beberapa kelebihan seperti tidak ada biaya administrasi, pilihan tenor beragam, dan bunganya tinggi. Proses pengajuan bisa dilakukan secara online dengan mengunjungi website Bank Danamon yaitu www.danamon.co.id


Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Model Cincin Berlian Terbaik dan Mewah

Ring Mens Collection Dan Cara Merawatnya

Rekomendasi Pelembab yang Cocok Untuk Kulit Berjerawat