Jenis-Jenis Content Production yang Harus Diketahui

Produksi konten atau yang dikenal juga dengan content production merupakan bagian yang penting untuk sebuah media. Produksi konten juga kerap digunakan untuk membantu pemasaran maupun promosi suatu perusahaan.

Saat ini ada banyak jenis konten untuk berbagai tujuan. Selain itu, jenis-jenisnya pun berbeda-beda sesuai dengan media yang digunakan. Nah, berikut ini kami akan coba jelaskan jenis-jenisnya dan juga media yang digunakan untuk mendistribusikan konten tersebut. Jadi, silahkan simak artikel ini hingga selesai.

1.  Konten Video

Jenis konten yang satu ini tergolong fleksibel. Artinya ada banyak media yang saat ini bisa memuat konten video tersebut untuk Anda distribusikan. Beberapa media yang bisa memuat video di antaranya seperti Instagram, Tik-Tok, Facebook Youtube, dan lainnya.

Sebenarnya website pun bisa Anda gunakan sebagai media untuk mendistribusikan konten video. Namun sebagian besar video yang ditaruh di web yaitu berupa link seperti link Youtube yang nantinya bisa memunculkan video pada website tersebut.

Video merupakan media yang saat ini semakin disukai oleh audiens. Sehingga tidak sedikit orang yang sudah menggunakannya untuk berbagai keperluan, termasuk pemasaran dan promosi di internet.


2.  Konten Tulisan

Konten tulisan ini memiliki banyak sekali jenisnya. Adapun jenis-jenisnya mulai dari content writing, copy writing, story telling, caption media sosial, dan masih banyak lainnya. Gaya penulisannya pun berbeda-beda tergantung dengan kebutuhan Anda masing-masing.

Tulisan biasa digunakan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari penjelasan produk, informasi perusahaan, tulisan yang bertujuan untuk pemasaran, dan juga tulisan yang bersifat soft selling.

Hingga saat ini, tulisan masih menjadi salah satu konten yang paling penting, khususnya perusahaan yang memiliki website.

3.  Konten Foto

Konten yang satu ini banyak digunakan untuk website, Instagram, hingga Facebook. Sebenarnya ada banyak foto yang tersebar di internet untuk kita jadikan konten. Akan tetapi, peraturan di beberapa media seperti Instagram, website, maupun Facebook saat ini sudah semakin ketat dimana foto yang memiliki hak milik orang lain rentan terhadap pelaporan.

Konten foto biasanya dibuat oleh para fotografer profesional yang ahli di bidangnya. Jenis konten ini pun bisa digunakan untuk berbagai tujuan, mulai dari foto produk, dokumentasi, dan lainnya.

4.  Konten Grafis

Grafis merupakan konten hasil karya seorang desain grafis. Konten ini terbilang unik. Jenisnya pun cukup beragam mulai dari product knowledge, konten bermanfaat seputar tips, konten bersifat informatif, dan lainnya.

Konten grafis biasanya dibuat semenarik mungkin oleh para desainer grafis. Konten ini biasanya didistribusikan di media seperti Facebook, Instagram, atau bahkan website.

5.  Konten Audio

Seiring dengan perkembangan zaman, era podcast saat ini semakin populer. Konten berupa audio ini banyak disukai karena isinya mengandung banyak sekali informasi-informasi yang bermanfaat untuk para audiens.

Konten audio ini memang belum sepopuler konten-konten yang sudah kami bahas sebelumnya. Akan tetapi, sudah banyak yang merasakan manfaat dan keuntungan dari konten yang satu ini.

Kesimpulan

Perbedaan jenis-jenis konten tergantung dari media yang digunakan. Ada banyak jenis konten yang bisa Anda gunakan untuk berbagai tujuan, termasuk untuk pemasaran. Akan tetapi, Anda harus mempertimbangkan terlebih dahulu jenis media yang akan Anda gunakan. Dengan begitu, pendistribusian konten menjadi lebih optimal.

Demikian penjelasan seputar jenis-jenis konten yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat luas. Bagi Anda yang membutuhkan layanan content production untuk berbagai tujuan, khususnya pemasaran dan promosi, Anda bisa menggunakan layanan dari Ideoworks yang sudah terpercaya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Model Cincin Berlian Terbaik dan Mewah

Ring Mens Collection Dan Cara Merawatnya

Rekomendasi Pelembab yang Cocok Untuk Kulit Berjerawat