5 Cara Mencegah Kartu ATM Dari Kerusakan

Apakah Anda pernah memperhatikan ATM milik teman, keluarga, atau saudara yang terlihat lusuh? Bahkan ada juga yang kartunya sampai rusak. Hal itu bisa jadi disebabkan oleh kurangnya kepedulian untuk menjaga kartu ATM sebaik mungkin. Sebagai salah satu kartu paling penting, tentu Anda harus menjaganya dengan maksimal.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kartu dari kerusakan. Sebenarnya tidak sulit untuk menerapkannya, tergantung dari niat yang Anda tanamkan. 

Cara Mencegah Kartu ATM Dari Kerusakan

Tidak perlu ragu atau bingung, Anda bisa menerapkan beberapa cara menjaga kartu dari kerusakan berikut ini.

Menggunakan Dompet Khusus

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan dompet khusus untuk kartu. Jadi, di dalamnya adalah sekumpulan kartu seperti ATM, KTP, Kartu BPJS, dan kartu-kartu lainnya. Keberadaan dompet khusus ini akan sangat membantu karena kartu bisa lebih tertata dengan baik. 

Jika kartu terorganisir dengan baik, maka Anda tidak perlu kesulitan mengambil kartu. Selain itu, ukuran dompet juga lebih kecil sehingga mudah dan praktis untuk dibawa. Jangan lupa juga untuk mengeluarkan kartu dari dompet setelah digunakan. 

Membersihkan Chip Kartu

Cara selanjutnya adalah membersihkan chip kartu ATM dengan rutin. Cara yang bisa Anda terapkan adalah mengusap bagian chip menggunakan cotton bud dan alkohol, kemudian diamkan selama beberapa saat sampai chip mengering sendiri.

Rajin menjaga kebersihan kartu akan membuatnya terlihat lebih bagus seperti baru. Jadi, Anda juga tidak perlu minder ketika memakainya di tempat umum.

Membersihkan Pita Magnetik

Bukan hanya chip, Anda juga harus rajin membersihkan pita magnetik dengan rajin. Caranya dengan mengusap bagian pita magnetik secara perlahan menggunakan tisu atau kapas.

Jangan Menyimpan dengan Uang Logam

Menjaga kebersihkan kartu juga bisa Anda lakukan dengan tidak mencampurkannya dengan uang logam. Biasanya ini sering terjadi apabila Anda tidak menggunakan dompet khusus. Padahal fungsinya sangat penting untuk kebaikan kartu itu sendiri.

Jika kartu sering bergesekan dengan uang logam, hal itu dikhawatirkan akan membuat kartu jadi mudah lecet. Jadi, pastikan untuk menyimpannya dengan benar.

Tarik Tunai Tanpa Kartu

Tips selanjutnya adalah sering melakukan tarik tunai tanpa kartu (cardless). Metode ini akan memberikan banyak keuntungan, termasuk menjaga kartu Anda dari kerusakan karena jarang digunakan. 

Hampir seluruh bank telah menyediakan metode transaksi ini, dengan sejumlah besar mesin ATM yang juga mendukungnya.

Jauhkan Dari Jangkauan Anak Kecil

Anak-anak suka sekali bermain, tanpa mereka tahu apa benda yang tengah dimainkan. Jika kartu tidak disimpan dengan baik, hal itu bisa membuat anak-anak memainkannya dengan sembarangan. Solusinya, Anda harus menyimpan kartu dengan aman dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Lebih baik tidak membawa kartu ke luar rumah tanpa keperluan yang penting. Apalagi jika bank yang Anda pilih memiliki layanan tarik tunai tanpa kartu, manfaatkanlah metode ini dengan sebaik mungkin. Dengan begitu, kartu jadi lebih awet dan tahan lama.

Itulah beberapa cara menjaga ATM agar tidak mudah rusak. Jangan lupa untuk meningkatkan kelebihan kartu Anda dengan menggunakan kartu ATM dan/atau debit GPN dari Bank Sinarmas. 

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh dengan memakai kartu ATM ini, termasuk tingkat keamanan dan kenyamanannya. Apalagi tidak ada biaya administrasi jika ingin terhubung dengan debit GPN.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Model Cincin Berlian Terbaik dan Mewah

Ring Mens Collection Dan Cara Merawatnya

Apartemen Alam Sutera Disewakan Dengan Harga Terjangkau