Biaya Kuliah Jurusan Psikologi Terjangkau, Berikut Sederet Manfaatnya!

Dengan biaya kuliah jurusan psikologi yang relatif terjangkau, Anda bisa mendapatkan berbagai ilmu yang sangat berguna untuk kehidupan sehari-hari. Menjadi seorang mahasiswa yang mengambil jurusan psikologi juga terkadang sering dianggap seperti “peramal” bagi sebagian orang awam. Ketika Anda menjadi mahasiswa atau lulusan jurusan psikologi, akan sering diminta untuk membaca pikiran seseorang. 

Padahal nyatanya, orang-orang jurusan psikologi mampu membaca pikiran seseorang dari gerak geriknya yang dipelajari di bangku kuliah. Jurusan psikologi sendiri merupakan salah satu jurusan yang paling banyak diminati oleh calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi. 

Selain dapat mempelajari tingkah laku manusia, jurusan psikologi juga memiliki prospek karir yang cukup cemerlang di masa depan. Penasaran apa saja yang bisa didapat saat menempuh kuliah psikologi? Pada artikel ini kami akan mencoba untuk mengupas tuntas ilmu yang akan didapat di jurusan psikologi serta prospek karir kedepannya. Pastikan Anda simak  artikel ini sampai tuntas, ya!

Mengapa Memilih Kuliah Jurusan Psikologi?

Kuliah jurusan psikologi memang bisa dikatakan sebagai salah satu jurusan favorit yang ada di Indonesia, hal tersebut terbukti dengan semakin meningkatnya peminat jurusan psikologi di setiap tahunnya. 

Jika ditarik dari sejarahnya, akar psikologi berasal dari filosofi manusia. Dimulai dari tipe-tipe kepribadian manusia, perilaku manusia, serta sifat-sifat manusia. Oleh sebab itu, ilmu psikologi merupakan ilmu yang juga sering diaplikasikan di kehidupan sehari-hari. 

Ketika memilih untuk kuliah di jurusan psikologi, maka Anda akan mendapatkan banyak sekali ilmu yang membuat Anda mampu mengenali diri sendiri, mengenal orang lain hingga mempelajari cara berinteraksi satu sama lain sesuai dengan kepribadian masing-masing.

Oleh karena itu, tidak sedikit mahasiswa psikologi yang akhirnya “jatuh cinta” pada ilmu yang dipelajarinya setelah masuk kuliah, bahkan hingga mereka lulus!

Apa Saja yang Dipelajari Saat Kuliah Jurusan Psikologi?

Selama kuliah di jurusan ini, Anda akan mempelajari banyak hal yang berkaitan dengan perilaku, pola pikir dan mental manusia secara ilmiah. Anda akan belajar beberapa mata kuliah seperti filsafat, psikologi kepribadian, psikologi klinis, dan banyak mata kuliah lainnya yang berkaitan erat dengan kehidupan manusia. 

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan banyak sekali kemampuan dan pengetahuan. Diantaranya yaitu pengetahuan membaca data, melakukan analisis, komunikasi, dan mengelola empati. Bagaimana, sangat menarik, bukan?

Prospek Kerja Setelah Lulus

Setelah mengenyam pendidikan di jurusan psikologi, Anda akan memiliki peluang yang cukup besar untuk bekerja di beberapa tempat. Misalnya jika Anda ingin berkarir di dunia pemerintahan atau perusahaan swasta, biasanya mereka mencari lulusan psikologi untuk menjadi Human Resources Development (HRD) di perusahaan tersebut. 

Tugas posisi HRD sendiri diantaranya yaitu mengelola Sumber Daya Manusia (SDM), melakukan penerimaan karyawan baru, serta menyelenggarakan berbagai program pelatihan. Selain itu, Anda juga bisa bergabung dengan perusahaan konsultan dan menjadi bagian dari HR konsultan di perusahaan tersebut. 

Tak berhenti sampai disitu, Anda juga bisa berkarir di berbagai kantor Kementerian di Indonesia. 

Kampus Terbaik Untuk Kuliah Jurusan Psikologi

Dari sekian banyaknya kampus atau universitas yang menawarkan jurusan psikologi, Universitas Indonesia adalah pilihan terbaik. 

Hal tersebut karena bukan rahasia lagi, jika Universitas Indonesia atau UI merupakan salah satu universitas terbaik di tanah air, dengan segudang prestasi mentereng serta telah melahirkan lulusan-lulusan terbaik. 

Itulah informasi mengenai sederet manfaat yang bisa didapat dari kuliah jurusan psikologi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari jurusan yang tepat untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih Model Cincin Tunangan Berdasarkan Makna Psikologis

Cincin Simple Minimalis untuk Pernikahan yang Berkesan

Keuntungan Menggandeng Integrated Marketing Agency Sebagai Partner Bisnis