Kenali Perilaku Konsumen Untuk Kemajuan Bisnis Anda

Bisnis memang membutuhkan banyak informasi yang tepat. Perilaku konsumen menjadi hal yang harus dipertimbangkan ketika memulai produk baru agar kualitasnya sesuai dengan kebutuhan konsumen. Apa saja yang harus diperhatikan? Simak pembahasan ini sampai tuntas. 

Pengertian Perilaku Konsumen

Dikenal juga sebagai consumer behavior, merupakan studi yang membahas individu atau organisasi tentang bagaimana mereka menggunakan atau memilih produk.

Perilaku ini yang menjadi dasar mengapa seseorang membeli sebuah barang untuk memenuhi kebutuhannya. Beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku ini di antaranya :

Kebudayaan

Hal yang sudah tertanam sejak dini ini tentu memegang peran yang sangat besar dalam tindakan pengambilan keputusan seseorang.

Ini karena kebudayaan secara langsung dapat mempengaruhi naluri, cara berpikir, persepsi, hingga referensi.

Sosial

Tak dapat dipungkiri bahwa kondisi sosial atau lingkungan sekitar seseorang dapat dengan mudah mempengaruhi persepsi orangnya.  Pengaruh ini juga ternyata mampu memberikan efek pada cara pandang dalam memilih produk.

Psikologi

Kondisi dimana seseorang ingin diakui atau diterima dalam sebuah lingkungan juga ternyata dapat mempengaruhi perilaku seseorang dalam memilih produk.

Dalam faktor Perilaku konsumen ini ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi psikologis seorang konsumen dalam memilih produk yaitu, kepercayaan diri, motivasi, proses belajar hingga self-esteem.

Pribadi

Faktor pribadi seperti usia, Kesehatan, gaya hidup, jabatan, kondisi ekonomi hingga prinsip hidup juga dapat mempengaruhi konsumen dalam memilih produk mana yang akan digunakan.

Selain 4 faktor yang mempengaruhi seorang konsumen dalam memilih produk, ada beberapa hal yang meliputi perilaku konsumen, diantaranya adalah :

  • Dari sekian banyak alternatif, bagaimana seseorang memilih produk?
  • Bagaimana lingkungan mempengaruhi perilaku seorang konsumen?
  • Bagaimana tanggapan konsumen terhadap produk kompetitor?
  • Bagaimana peran promosi dalam mempengaruhi keputusan konsumen?

Manfaat Studi Perilaku Konsumen Bagi Pengusaha

Bukan hanya membantu produsen dalam pengembangan produk baru, studi perilaku konsumen juga dapat membantu untuk memperbaiki produk yang telah didistribusikan. Manfaat lainnya ialah :

Membantu tim marketing mengetahui dan memprediksi tren pasar dimasa yang akan datang. Agar produk yang dihasilkan sesuai dengan perkembangan zaman.

Sebagai bahan riset dalam proses perancangan marketing agar materi promosi yang dilaksanakan sesuai dengan target pasar yang anda inginkan.

Dapat meningkatkan pelayanan terhadap konsumen agar lebih berkualitas serta dapat memenuhi kebutuhan konsumen dengan tepat.

Memberikan nilai tambah di mata konsumen, sehingga dapat meningkatkan daya saing dengan kompetitor.

Pendekatan dalam Studi Perilaku Konsumen

Dalam dunia strategi marketing, terdapat tiga pendekatan yang umum digunakan dalam studi perilaku pembeli. Berikut adalah penjelasannya.

Pendekatan Tradisional

Merupakan pendekatan menggunakan basic ilmu psikologi kognitif, sosial, hingga ilmu sosiologi. Pendekatan ini dilakukan dengan menggunakan eksperimen dan survei terhadap konsumen.

Pendekatan Interpretif

Dilakukan dengan mendalami perilaku pembeli melalui diskusi mendalam seperti wawancara atau grup yang berfokus pada diskusi seputar produk.

Pendekatan Sains Pemasaran

Seperti melakukan pengujian pada teori Maslow yang tujuannya untuk memperoleh prediksi terkait pengaruh strategi marketing.

Bagaimana Cara Melakukannya?

Kegiatan perilaku konsumen ini umum dilakukan oleh divisi marketing atau pemasaran, cukup kompleks memang namun hasil yang diperoleh akan sangat membantu perusahaan dalam meningkatkan penjualan.

Namun di era yang sudah serba praktis ini, kemudahan dapat dengan mudah anda temukan dimana pun, termasuk untuk memastikan produk anda sesuai dengan target pasar anda.

Jasa seperti Integrated Marketing Agency patut anda coba untuk menyukseskan kampanye produk anda agar selaras dengan perilaku konsumen. Jika anda mencari rekomendasi marketing agency berkualitas, IDEOWORKS solusinya!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih Model Cincin Tunangan Berdasarkan Makna Psikologis

Cincin Simple Minimalis untuk Pernikahan yang Berkesan

Keuntungan Menggandeng Integrated Marketing Agency Sebagai Partner Bisnis