Fakta Mengenai Solitaire Ring yang Disukai Banyak Wanita

Cincin merupakan fashion item utama yang sering digunakan oleh wanita. Karena itu, ada banyak sekali model cincin yang bisa Anda temukan di pasaran. Salah satu model cincin klasik dan paling populer adalah cincin solitaire atau solitaire ring. Ciri khas cincinnya yaitu memiliki satu butir berlian sebagai center stone. Pasalnya solitaire sendiri memang memiliki arti berlian atau batu permata tunggal. Jika tertarik memilikinya, Anda perlu mengetahui fakta-fakta menarik berikut ini:

Bentuk Potongan Berlian

Batu berlian tunggal yang disematkan pada cincin menggunakan bentuk potongan berlian yang beragam. Berikut ini adalah beberapa yang paling populer:

  • Round shape merupakan bentuk potongan berlian paling banyak ditemukan di dunia. Sesuai dengan namanya, berlian ini berbentuk bundar. Round shape populer karena bisa memantulkan cahaya dengan baik.
  • Princess cut merupakan berlian dengan potongan berbentuk kotak.
  • Emerald cut awalnya digunakan untuk batu emerald. Ciri khasnya berbentuk persegi panjang.
  • Marquise cut merupakan bentuk potongan berlian yang sedang populer. Bagian ujungnya lancip seperti daun atau kapal. 
  • Pear cut merupakan bentuk potongan berlian yang menampilkan kesan elegan pada pemakainya. Juga dikenal dengan nama teardrops cut. Ciri khasnya di bagian atas runcing dan bawah membulat.
  • Oval cut merupakan bentuk potongan berlian oval atau bulat yang sedikit memanjang.
  • Cushion cut tampak seperti bantal sehingga namanya demikian.

Bentuk Pengaturan Berlian

Selain bentuk potongan berlian yang beragam, solitaire ring juga memiliki bentuk pengaturan berlian yang beragam. Berikut adalah beberapa bentuknya:

  • Prongs setting merupakan pengaturan berlian menggunakan prongs, bisa empat atau enam prongs.
  • Bezel setting merupakan pengaturan di mana berlian dikelilingi oleh rangka.
  • Tension setting membuat berlian diapit rangka sehingga terlihat seperti mengambang.
  • Cathedral setting terlihat seperti kubah katedral karena inspirasinya memang dari kubah tersebut.

Flush setting mirip dengan bezel setting, namun pengaturan ini menanam berlian di dalam rangka. Berlian harus lebih kecil dari rangka karena akan ditanam di dalamnya sehingga hanya sedikit yang terlihat menonjol.

Bisa Digunakan Pria

Dibandingkan dengan wanita, pria memang lebih jarang menggunakan cincin berlian. Namun terkadang ada situasi yang mengharuskan mereka menggunakannya. Misalnya cincin tunangan, cincin nikah, cincin couple, dan lain sebagainya. Cincin solitaire adalah pilihan terbaik untuk digunakan pria. Satu berlian yang disematkan tidak tampak berlebihan untuk pria.

Simple Namun Mencolok

Cincin solitaire sebenarnya termasuk cincin yang simple karena hanya menggunakan satu berlian saja. Namun di samping itu, berlian yang hanya satu membuatnya terlihat mencolok. Apalagi jika Anda menggunakan busana polos, maka cincin akan semakin terlihat.

Harga Cenderung Lebih Murah

Pada kualitas yang sama, harga cincin berdesain solitaire umumnya lebih terjangkau. Pasalnya proses pembuatan cincin simple lebih cepat dibandingkan cincin yang rumit. Namun harga tersebut tergantung kualitas 4C, logam, dan tempat membeli.

Itulah beberapa fakta yang perlu Anda ketahui mengenai cincin solitaire atau solitaire ring. Jika mencari cincin dengan satu butir berlian, The Palace menawarkan banyak koleksinya. Salah satu rekomendasi koleksi yang bisa Anda pilih adalah Forevermark Setting. Cincin ini menggunakan empat prongs yang menahan batu berlian dengan baik.

Sementara bentuk berliannya adalah bentuk paling populer yaitu round shape dengan berat 0,140 carat. Selain cincin dengan white gold tersebut, The Palace juga menawarkan cincin dengan rose gold. Beberapa pilihannya yaitu Bermoela, Lovela, dan Kamoela. Lihat detail koleksi cincin solitaire yang ditawarkan pada website www.thepalacejeweler.com. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Model Cincin Berlian Terbaik dan Mewah

Ring Mens Collection Dan Cara Merawatnya

Cincin Simple Minimalis untuk Pernikahan yang Berkesan