Intip Perkembangan Kemampuan Bayi 3 Bulan Bisa Apa Di Sini!



Anda sebagai orang tua pasti penasaran perkembangan kemampuan bayi 3 bulan bisa apa. Pasalnya bayi 3 bulan sudah memiliki banyak kemampuan yang pastinya membuat Anda takjub. Mengetahui kemampuan bayi 3 bulan penting untuk memastikan Si Kecil tumbuh dengan baik. Langsung saja, berikut ini adalah perkembangan kemampuannya:

Kemampuan Motorik Kasar

Kemampuan motorik merupakan kemampuan yang berkembang sangat pesat memasuki usia 12 minggu atau 3 bulan. Sebelumnya Si Kecil mungkin hanya bisa menggerakkan kaki dan tangan bersama-sama, namun sekarang ia mulai bisa berguling. Bahkan bayi juga bisa mengangkat kepala sekitar 90 derajat. Perkembangan tersebut menunjukkan bahwa Si Kecil cukup kuat untuk menopang dada dan kepala.

Kemampuan Motorik Halus

Beralih ke aspek motorik halus yang tak kalah mengagumkan. Bayi usia 3 bulan sudah mampu menggerakkan tangan ke segala arah dan menyatukan kedua tangan disebut. Selain itu, bayi usia 3 bulan juga tertarik dengan hal-hal berwarna cerah. Itu menunjukkan bahwa kemampuan visual Si Kecil berkembang. Dulu ia hanya bisa membedakan warna seperti hitam dan putih, namun sekarang sudah banyak warna yang dikenalnya.

Kemampuan Komunikasi dan Bahasa

Menangis masih menjadi senjata andalan bagi bayi usia 3 bulan. Meskipun begitu, kemampuan komunikasi dan bahasanya sudah mulai meningkat. Bayi usia 3 bulan atau 12 minggu sudah mampu mengatakan kata tak jelas seperti “aah” atau “ooh”. Memang bayi masih sering menangis, namun ia juga bisa merespon dengan kata “aaah” saat menginginkan sesuatu seperti ASI. 

Kemampuan Sosial dan Emosional

Kemampuan terakhir yang muncul pada bayi usia 3 bulan adalah kemampuan sosial dan emosional. Bayi sudah bisa mengenal wajah orang terdekat seperti ibu, ayah, kakak, dan lain-lain. Ekspresi wajahnya juga semakin beragam saat diajak bercanda orang lain. Biasanya bayi akan tersenyum ketika diajak bercanda.

Nah itulah detail penjelasan mengenai perkembangan kemampuan bayi 3 bulan bisa apa. Selain memantau perkembangan Si Kecil, jangan lupa memilih popok yang aman dan nyaman untuk mereka. MAKUKU SAP Diapers Slim adalah popok tipis yang mampu menyerap cairan dengan jumlah hingga 500 ml. Meskipun daya tampungnya besar, namun popok ini tidak terlihat tebal dan menggumpal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih Model Cincin Tunangan Berdasarkan Makna Psikologis

Keuntungan Menggandeng Integrated Marketing Agency Sebagai Partner Bisnis

Cincin Simple Minimalis untuk Pernikahan yang Berkesan