Pentingnya Susu Ibu Menyusui untuk Menambah Berat Badan Bayi



Saat dalam masa menyusui secara eksklusif, apakah ada yang menyarankan minum susu ibu menyusui? Sebenarnya seberapa penting sih susu ibu menyusui untuk menambah berat badan bayi. Artikel ini akan membahasnya lebih lengkap untuk Anda. Simak sampai selesai ya!

Pentingnya Susu Ibu Menyusui untuk Menambah Berat Badan Bayi

Pada usia 0-6 bulan bayi hanya mendapatkan nutrisi dari ibunya melalui ASI (Air Susu Ibu). Oleh sebab itu, apa yang dikonsumsi ibu sangat berpengaruh pada penambahan berat badan bayi.

Susu ibu menyusui memiliki kandungan nutrisi yang membantu menambah berat badan bayi. Misalnya seperti asam folat, kalsium, DHA, protein, zat besi, vitamin, dan lain sebagainya. 

Ibu sebaiknya mengkonsumsi susu ibu menyusui, khususnya di 6 bulan pertama. Saran konsumsi per hari yaitu 2 gelas. Selain membantu Si Kecil menambah berat badan, susu juga bisa menjadi asupan cairan tambahan untuk ibu. 

Makanan Bergizi untuk Ibu Menyusui

Susu hanya pelengkap, sumber nutrisi yang utama tentu saja adalah makanan. Berikut ini makanan bergizi untuk ibu menyusui:

1. Buah dan Sayur

Makanan bergizi untuk ibu menyusui yang pertama tentu saja buah dan sayur. Tidak hanya ibu menyusui saja, makanan ini juga disarankan untuk semua orang yang ingin memiliki pola makan sehat.

Jenis sayuran yang direkomendasikan yaitu yang warnanya hijau. Sedangkan buahnya berwarna terang karena mengandung nutrisi beragam. Contoh buah dan sayur yang bisa Anda konsumsi yaitu ketang, wortel, brokoli, bayam, tomat, dan alpukat. 

2. Protein Tanpa Lemak

Saat masa menyusui eksklusif, ibu disarankan mengonsumsi tiga porsi protein tanpa lemak per hari. Sumber protein untuk Anda pilih berupa ikan, daging, atau telur. Anda juga bisa memilih protein nabati seperti tempe dan tahu. 

3. Biji-bijian

Biji-bijian untuk ibu menyusui paling tidak empat porsi per hari. Sumber biji-bijian untuk Anda pilih yaitu kacang-kacangan dan gandum. Selain membantu menambah berat badan bayi, biji-bijian juga bermanfaat untuk kesehatan Anda.

Itulah pembahasan mengenai pentingnya mengkonsumsi susu ibu menyusui untuk menambah berat badan bayi. Selain susu dan makanan, Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen multivitamin untuk menyempurnakan asupan nutrisi harian. Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold dengan kandungan asam folat dan 17 nutrisi esensial bisa Anda jadikan pilihan. Ayo beli sekarang juga di toko online maupun offline

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih Model Cincin Tunangan Berdasarkan Makna Psikologis

Cincin Simple Minimalis untuk Pernikahan yang Berkesan

Keuntungan Menggandeng Integrated Marketing Agency Sebagai Partner Bisnis