5 Bakteri yang Menguntungkan Bagi Tubuh Manusia

Bakteri yang Menguntungkan
Bakteri yang Menguntungkan


Saat mendengar kata bakteri, kebanyakan orang merasakan ketakutan dan menganggap bahwa makhluk hidup tersebut sebagai sarang penyakit. Padahal, ternyata ada banyak jenis bakteri yang menguntungkan dan baik bagi tubuh manusia. Dapat membantu keberlangsungan hidup manusia dan berdampak besar pada kesehatan. Bakteri seperti ini biasa dikenal sebagai probiotik.

Sebenarnya, manusia menjadi rumah dari lebih 10 triliun bakteri dan jamur baik. Sebagian besar bakteri-bakteri ini berdiam pada saluran pencernaan dan membantu manusia untuk mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh. Bakteri yang menguntungkan juga membantu kinerja tubuh untuk melawan bakteri jahat yang dapat menyebabkan penyakit.




Beberapa jenis dari bakteri baik dan menguntungkan bagi manusia, yaitu:

Lactobacillus acidophilus

Bakteri ini merupakan salah satu dari probiotik yang bersemayam pada pencernaan tubuh manusia. Sangat berguna untuk menjaga agar keseimbangan bakteri baik pada saluran pencernaan dan melawan bakteri yang menyebabkan diare. Bersama dengan bakteri lainnya, akan membentuk asam laktat yang dapat menghentikan perkembangan bakteri berbahaya pada saluran ini. 

Lactobacillus salivarius

Bakteri ini juga salah satu yang berada di saluran pencernaan. Sangat bermanfaat untuk menghambat bakteri jahat helicobacter pylori, yang merupakan penyebab dari penyakit tukak lambung.

Lactobacillus plantarum

Bakteri ini memiliki peranan yang sangat penting bagi tubuh manusia. Keberadaannya membantu meningkatkan imunitas tubuh. Membantu dan melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri jahat yang menimbulkan penyakit.

Bifidobacterium lactis

Para ahli menemukan bakteri ini dapat membantu menurunkan kolesterol pada tubuh wanita. Juga, manfaat lain dari bakteri ini adalah membantu penyembuhan para penderita diabetes tipe 2.

Streptococcus thermophilus

Bakteri ini salah satu yang bersifat probiotik yang dapat menghasilkan enzim laktase. Seperti yang kita ketahui, enzim ini sangat diperlukan bagi tubuh untuk mencerna gula yang ada di dalam susu ataupun produk sejenisnya. Bahkan beberapa penelitian, bakteri ini juga mampu mencegah intoleransi laktosa.

Demikian beberapa bakteri yang menguntungkan bagi tubuh manusia. Sekarang kita mengetahui, bahwa tidak semua bakteri itu jahat. Bahkan keberlangsungan hidup kita bergantung dari beberapa bakteri tersebut. Semoga bermanfaat. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih Model Cincin Tunangan Berdasarkan Makna Psikologis

Cincin Simple Minimalis untuk Pernikahan yang Berkesan

Keuntungan Menggandeng Integrated Marketing Agency Sebagai Partner Bisnis