Penyakit Kucing yang Paling Mematikan

Berbagai jenis penyakit dari bakteri dan virus masuk ke dalam kategori penyakit yang sangat mematikan untuk kucing. Meski beberapa penyakit kucing dapat dicegah melalui pemberian vaksinasi, namun tetap ada sejumlah penyakit yang cukup sulit untuk disembuhkan.

Meski banyak orang yang menilai bahwa merawat kucing merupakan hal mudah, tapi tidak berarti kucing tersebut terhindar dari berbagai serangan penyakit. Sebelum merawat hewan lucu ini, sebaiknya anda mengetahui lebih dulu beberapa penyakit yang mematikan bagi kucing.

Beberapa Penyakit Kucing Paling Berbahaya

Feline Immunodeficiency Virus

Penyakit ini bisa menyebar melalui luka gigitan. Ketika masuk kedalam darah, FIV bakal menyerang sistem imun kucing dan berdampak fatal. Menariknya, FIV digolongkan sebagai virus lambat sehingga kucing peliharaan terlihat sehat selama bertahun-tahun. Tapi, perlahan virus tersebut bakal melemahkan sistem imun kucing.

Leukemia

Leukemia menyebar lewat virus didalam urine dan air liur. Yang paling beresiko tertular ialah kucing yang bersentuhan dengan kucing terinfeksi. Nah, kucing yang telah terinfeksi dapat menularkan virus tersebut lewat berkelahi, piring makan, ataupun plasenta induk.

Tanda-tandanya ialah infeksi kandung kemih, infertilitas, penyakit kulit, dan diare. Biasanya, kucing yang terinfeksi hanya mampu bertahan tidak lebih dari 1 tahun.

Penyakit Ginjal

Gagal ginjal dapat terjadi karena kucing mengkonsumsi zat beracun, misalnya ibuprofen, antibeku, dan pestisida. Tandanya sendiri seperti sering BAB, sering haus, bau mulut, penurunan berat badan, dan bulu kering.

Rabies

Rabies menyerang otak dan saraf kucing sehingga berdampak sangat fatal. Penyakit yang satu ini berbahaya sebab dapat menular kepada manusia. Sementara itu, gejala rabies kucing ialah berair liur, tremor, agresif, hiperaktif, demam, dan penurunan berat badan.

Cacing Jantung

Penyakit ini disebabkan nyamuk dan sangat sulit dideteksi. Tanda-tandanya seperti pingsan, kejang, penurunan berat badan, muntah, batuk, bahkan kematian. Hingga kini, belum ada obat yang mampu mencegah penyakit ini.

Itu saja ulasan beberapa penyakit kucing paling berbahaya yang perlu diketahui. Selain melakukan vaksinasi pada kucing peliharaan, pastikan kebutuhan makanan hariannya mencakup nutrisi serta bisa mendukung sistem imun seperti Royal Canin. Terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Model Cincin Berlian Terbaik dan Mewah

Ring Mens Collection Dan Cara Merawatnya

Rekomendasi Pelembab yang Cocok Untuk Kulit Berjerawat