4 Manfaat Digital Marketing yang Dibutuhkan UKM

Social media platform bisa menjadi media yang sangat efektif untuk meningkatkan performa bisnis Anda. Bahkan ada anggapan bahwa segala produk yang ditawarkan kepada konsumen maka media sosial menjadi bagian utama dari setiap inisiatif digital marketing. Sebab itulah manfaat digital marketing bisa sangat dirasakan oleh pegiat UKM.

Melalui digital marketing maka UKM bisa sangat terbantu sekali untuk mengembang usahanya hingga menjadi lebih besar lagi. Ideoworks, digital marketing agency dapat membantu Anda sebagai pegiat UKM agar bisa meningkatkan performa media sosial bisnis Anda menjadi lebih dikenal khalayak umum.

Jadi, pada dasarnya banyak hal yang mengharuskan UKM untuk melakukan pemasaran melalui media digital. Berikut ulasannya.

Banyak dari konsumen yang beraktivitas di media sosial

Masa-masa ini hampir seluruh lapisan masyarakat memiliki akun media sosialnya sendiri. Di Indonesia sendiri tercatat ada lebih dari 150 juta orang dari total 268 juta penduduk yang menggunakan media sosial. Riset mengatakan bahwa setiap orang menghabiskan waktu 3 jam 26 menit setiap harinya untuk mengakses media sosial.

Hal seperti demikianlah yang menjadi salah satu alasan terbaik mengapa UKM harus merasakan manfaat digital marketing, Sebab dari data tersebut kita bisa melihat peluang besar yang mungkin dapat dihasilkan dari media sosial.

Dapat dengan mudah berinteraksi dengan customer

Media sosial bisa menjadi tempat dimana customer bisa menerima pesan produk, sebab melalui media sosial customer lebih bisa menerima pesan pemasaran yang Anda lakukan karena adanya interaksi dan cara pemasaran dari sisi yang berbeda. Anda bisa melakukan pemasaran dengan melalui konten-konten yang menarik perhatian sehingga banyak dari para customer yang ikut tertarik untuk menerima pemasaran yang Anda lakukan.

Meningkatkan brand awareness kepada para calon customer

Manfaat lain yang bisa Anda rasakan yaitu melalui platform media sosial pegiat UKM dapat meningkatkan brand awareness kepada khalayak luas. Menampilkan profil yang jelas, menarik, dan mencerminkan karakter brand di sosial media, maka akan banyak audiens yang melihat hal tersebut sehingga mereka memahami brand Anda.

Selain itu, brand awareness juga harus didukung dengan konten yang menarik sebab selain bisa mengundang customer baru, juga dapat membuat customer lama untuk terus loyal kepada brand Anda dan melakukan pembelian lagi.

Beda platform, beda tipe pengguna

Media sosial dengan berbagai platform yang berbeda tentunya juga memiliki audiens yang berbeda pula. Dengan melakukan sedikit riset, analisa, dan melakukan improvisasi secara konten maka dengan begitu Anda bisa memiliki strategi baru dalam melakukan promosi di media sosial.

Hal yang perlu dijadikan pertimbangan yaitu antara fokus dengan satu media dan pembuatan konten promosi atau menggunakan banyak platform untuk promosi dan menjangkau target pasar yang sesuai. Tentu saja ini semua memerlukan waktu untuk mencapai target. Buatlah target yang lebih spesifik lagi, mulai dari jenis kelamin, usia, lokasi, minat, brand yang diikuti, hobi, dan lainnya. Semakin detail akan semakin terarah pula targetnya.

Demikianlah berbagai hal yang bisa dirasakan dari manfaat digital marketing yang harus dirasakan juga oleh pegiat UKM sehingga bisnisnya semakin lancar dan bisa bersaing secara  sehat. Ideoworks selaku digital marketing agency tentunya dapat membantu dalam hal pemasaran secara digital dan merangkai konten untuk menarik audiens serta menyebarkan brand awareness kepada para calon customers.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih Model Cincin Tunangan Berdasarkan Makna Psikologis

Cincin Simple Minimalis untuk Pernikahan yang Berkesan

Keuntungan Menggandeng Integrated Marketing Agency Sebagai Partner Bisnis