7 Tools Digital Marketing yang Perlu Anda Pahami

Pemasaran digital adalah jenis pemasaran yang dilakukan dengan memanfaatkan media digital, jaringan, dan internet. Juga dikenal dengan istilah digital marketing, pemasaran digital menjadi pilihan banyak pengusaha yang ingin mengembangkan bisnisnya. Beberapa kelebihan pemasaran digital yaitu jangkauan pasar lebih luas, target pasar tepat sasaran, dan tentu saja biayanya lebih murah dibandingkan pemasaran konvensional.

Namun menjalankan kampanye pemasaran digital membutuhkan skill khusus. Anda harus paham mengenai tools-tools yang digunakan dalam pemasaran digital. Berikut ini adalah 7 tools yang wajib dipahami sebelum menjalankan pemasaran:

Google Analytics

Para digital marketer pasti sudah tidak asing lagi dengan Google Analytics. Tools pemasaran digital yang dikembangkan oleh Google ini bisa digunakan secara gratis. Manfaat utamanya untuk menganalisis performa sebuah website. Melalui Google Analytics, Anda bisa melihat data traffic pengunjung, waktu yang dihabiskan di dalam website, serta halaman yang dikunjungi. Melalui tools ini, Anda bisa memahami karakteristik dan perilaku pengunjung untuk membuat strategi yang lebih tepat.

Google Ads

Google Ads merupakan tools yang digunakan untuk memasang iklan berbayar di mesin pencarian Google. Tools ini berguna untuk mendatangkan paid traffic. Jika ingin menggunakan Google Ads, Anda harus paham mengenai Search Engine Marketing atau SEM. Dengan begitu iklan yang didaftarkan bisa lebih optimal untuk menghasilkan paid traffic.

Google Search Console

Tools selanjutnya masih dari Google lagi yaitu Google Search Console. Manfaatnya yaitu untuk memecahkan masalah serta mempertahankan keberadaan sebuah website pada mesin pencarian. Melalui tools ini Anda juga bisa melihat data traffic dari website Anda. Bahkan Anda bisa melihat spam, pengindeksan, serta masalah-masalah lainnya.

Ahrefs

Anda yang tertarik dengan SEO (Search Engine Optimization) pasti sering mendengar tools satu ini. Ahrefs sendiri merupakan tools yang digunakan untuk optimasi SEO. Teknik SEO sendiri menghasilkan organic traffic pada website Anda. Melalui tools ini, Anda bisa mencari kata kunci terbaik untuk dioptimasi. Beberapa fitur membantu dari tools Ahrefs yaitu rank tracker dan content gap tools.

Yoast

Sama seperti Ahrefs, Yoast juga termasuk tools yang digunakan untuk optimasi SEO. Beberapa fitur yang bisa Anda gunakan yaitu riset topik konten, riset kata kunci, skema pembuatan ringkasan konten, dan lain sebagainya. Anda bisa menggunakan Yoast dengan bebas karena menjadi plugin pada WordPress. Jika Anda pengguna WordPress, maka akan semakin mudah menggunakannya.

Mailchimp

Mailchimp merupakan tools yang digunakan ketika Anda melakukan email marketing. Beberapa manfaatnya yaitu menyebarkan campaign yang terintegrasi, membentuk strategi email, newsletter, dan lain sebagainya. Tools ini juga memungkinkan Anda untuk mendesain email yang bagus sebelum dikirimkan kepada target pasar. Jika ingin melakukan email marketing, Anda wajib paham mengenai tools satu ini. 

SociaBuzz

Bekerja sama dengan influencer ternyata juga menjadi salah satu cara melakukan pemasaran digital. Sama seperti jenis pemasaran digital lain, kerja sama dengan influencer ternyata juga ada tools-nya. SociaBuzz merupakan tools yang membantu Anda menemukan influencer yang tepat untuk dijadikan sebagai key opinion leader dari campaign yang dijalankan.

Itulah 7 tools wajib yang perlu Anda pahami sebelum menjalankan digital marketing atau pemasaran digital. Selain tujuh tools tersebut, masih banyak tools penting lain seperti SocialMention, Mailchimp, HubSpot Marketing, dan lain-lain. Tidak mungkin bukan jika Anda belajar semua tools tersebut dari nol?

Solusi terbaik menjalankan pemasaran digital dengan mudah dan efektif adalah menggunakan layanan dari Diginet. Agensi pemasaran digital ini memiliki tim kompeten untuk membantu Anda mendapatkan tujuan pemasaran. Konsultasi terlebih dahulu sebelum bekerja sama dengan tim Diginet melalui www.diginet.co.id. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih Model Cincin Tunangan Berdasarkan Makna Psikologis

Cincin Simple Minimalis untuk Pernikahan yang Berkesan

Keuntungan Menggandeng Integrated Marketing Agency Sebagai Partner Bisnis