Jenis-jenis dan Bagaimana Memilih Supplier Batu Agregat yang Tepat


Batu agregat kerap digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan jalan, jembatan, gedung, dan proyek konstruksi lainnya. Untuk mendapatkan kualitas batu agregat yang terbaik, tentunya Anda harus memilih jenis batu yang tepat serta membelinya di supplier batu agregat yang terpercaya dan berkualitas terbaik. Dengan begitu, batu yang Anda pilih dapat memberikan kualitas bangunan yang terbaik, kokoh, serta tahan lama.

Selain itu, dengan memahami jenis-jenis batu agregat dan faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih supplier, Anda dapat memastikan bahwa proyek konstruksi Anda menggunakan batu agregat berkualitas yang memenuhi standar dan spesifikasi teknis yang diperlukan.

Jenis-jenis Batu Agregat

Agregat dibagi menjadi agregat ringan, agregat halus, agregat kasar, dan juga pengisi atau filler. Jenis batu agregat ini sesuai dengan proses pengolahannya dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu sebagai berikut:

Agregat Alam

Agregat alam adalah bahan konstruksi berupa pecahan batuan alami yang digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan beton, aspal, dan campuran konstruksi lainnya. Agregat alam diperoleh dari sumber daya alam, seperti batu gunung, kerikil, pasir sungai, dan material alam lainnya yang dipecah menjadi ukuran yang sesuai dengan spesifikasi teknis yang dibutuhkan. Keunggulannya adalah kekuatan yang tahan lama. Agregat ini terbentuk dari proses erosi maupun degradasi.

Agregat dengan proses pengolahan

Selanjutnya adalah agregat dengan proses pengolahan. Batu ini biasanya ditemukan di bukit-bukit, gunung, atau sungai dengan bentuk dan ukuran yang besar. Sehingga diperlukan proses pengolahan terlebih dahulu sebelum akhirnya dijadikan sebagai bahan konstruksi.


Proses pengolahan ini dilakukan agar mendapatkan ukuran serta kualitas batu sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan. Ada beberapa jenis batu agregat yang akan diperoleh dari proses pengolahan, yaitu batu pecah, kerikil, dan juga pasir.

Agregat sintesis

Selanjutnya ada agregat sintetis yang merupakan mineral filler atau pengisi. Batu jenis ini diperoleh dari proses pengolahan bahan kimia atau limbah industri. Agregat sintetis memiliki ukuran dan bentuk yang bervariasi. Keunggulannya adalah gan spesifikasi yang lebih presisi. Keuntungan penggunaan agregat sintetis adalah ketersediaannya yang dapat diatur sesuai kebutuhan, harga yang lebih terjangkau, serta tidak menimbulkan kerusakan lingkungan seperti pengambilan batu alam yang berlebihan.

Bagaimana Memilih Supplier yang Tepat?

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika memilih supplier yang terbaik untuk mendapatkan batu agregat sesuai kebutuhan. Hal yang pertama adalah cek kualitas produk tersebut. Apakah supplier yang akan Anda pilih menyediakan batu dengan kualitas terbaik sesuai standar? 

Lalu bagaimana dengan sertifikasi yang dimiliki? Apakah batu agregat juga telah lolos uji laboratorium dengan standar yang tepat? Memilih supplier yang terpercaya juga bisa Anda lihat dari website resminya, bagaimana pelayanan selama ini, serta apa saja layanan yang disediakan.

Memilih supplier yang tepat sangat penting untuk keberhasilan proyek yang bisa menghasilkan bangunan tahan lama. Supplier terbaik yang bisa Anda percaya adalah Gerbang Watugunung Niaga yang sudah berpengalaman. Ada layanan terbaik dan profesional serta konsultasi gratis sehingga Anda bisa memilih jenis batu agregat yang tepat untuk konstruksi.

Dengan memilih jenis dan bagaimana cara memilih supplier batu agregat yang tepat sesuai kebutuhan, maka kualitas bangunan juga semakin baik dan tahan lama. Jadi, tidak perlu bingung lagi memilih supplier batu agregat yang terpercaya, karena Gerbang Watugunung Niaga adalah solusinya yang terbaik serta telah terbukti.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih Model Cincin Tunangan Berdasarkan Makna Psikologis

Cincin Simple Minimalis untuk Pernikahan yang Berkesan

8 Model Kalung Emas Terbaru yang Kekinian