Pentingnya Menghitung Usia Kehamilan dengan Tepat



Ada banyak proses dan tantangan yang harus dilalui seorang wanita di masa kehamilan. Tujuannya tentu saja untuk memastikan janin berkembang dengan baik sehingga bayi lahir dengan sehat. Salah satu hal yang wajib dilakukan wanita di masa kehamilannya adalah, menghitung usia kehamilan. Apa manfaatnya? Simak artikel ini sampai selesai!

Pentingnya Menghitung Usia Kehamilan

Inilah beberapa manfaat mengetahui usia kehamilan:

1. Memantau Perkembangan Janin

Perkembangan janin harus dipantau secara rutin untuk memastikan kesehatan janin. Jika mengetahui usia kehamilan, dokter bisa memantau perkembangan janin secara akurat. Bahkan pemantauan yang baik dapat membantu dokter memberikan penanganan yang tepat. Sehingga, kesehatan janin maupun ibu terjaga dengan baik hingga proses persalinan tiba. 

2. Memperkirakan Hari Lahir (HPL)

Salah satu alasan mengapa wanita hamil wajib mengetahui usia kehamilan yaitu untuk memperkirakan hari lahir. HPL atau Hari Perkiraan Lahir merupakan tanggal perkiraan proses persalinan. 

Jika mengetahui HPL, Anda bisa mempersiapkan diri maupun kebutuhan calon bayi. Selain itu, HPL juga menjadi tanda bahwa bayi harus segera lahir ke dunia. Sehingga jika terjadi keterlambatan kontraksi, dokter bisa melakukan penangan yang tepat.

3. Menjadwalkan Pemeriksaan Trimester Kehamilan

Masa kehamilan dibagi berdasarkan trimester yaitu trimester pertama, kedua, dan ketiga. Setiap trimester memiliki perkembangan masing-masing. Oleh sebab itu, setiap trimester akan dilakukan pemeriksaan untuk mengetahui perkembangan janin. Mengetahui usia kehamilan bisa membantu menjadwalkan pemeriksaan trimester kehamilan dengan lebih baik.

4. Memperkirakan Faktor Risiko Setelah Persalinan

Manfaat mengetahui usia kehamilan yang terakhir yaitu membantu memperkirakan faktor risiko setelah persalinan. Bukan hanya untuk bayi saja, tapi juga untuk ibu. Ibu hamil yang mengetahui usia kehamilan biasanya bisa mempersiapkan diri dengan lebih baik. Jadi, proses persalinan pun bisa berjalan dengan lebih lancar dibandingkan yang tidak mengetahuinya.

Sudah paham bukan apa saja manfaat dan pentingnya menghitung usia kehamilan? Selain itu, Anda juga perlu mempersiapkan kebutuhan bayi baru lahir. Popok adalah kebutuhan pokok yang tidak boleh Anda lewatkan. Pilih MAKUKU SAP Diapers ukuran NB untuk Si Kecil yang baru lahir. Fitur belly button u shape bisa menjaga pusar bayi dari gesekan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih Model Cincin Tunangan Berdasarkan Makna Psikologis

Cincin Simple Minimalis untuk Pernikahan yang Berkesan

Keuntungan Menggandeng Integrated Marketing Agency Sebagai Partner Bisnis