Tips Bayar Tagihan BPJS Tepat Waktu yang Bisa Anda Ikuti

tagihan bpjs

BPJS atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial merupakan badan yang menyelenggarakan program jaminan kesehatan bagi masyarakat. Jika menjadi anggota BPJS maka Anda bisa mendapatkan layanan rumah sakit dengan biaya yang lebih ringan. Namun untuk mendapatkan layanan tersebut, Anda harus membayar premi setiap bulannya. Tagihan BPJS akan dikenakan pada tanggal 10 setiap bulannya. Jadi Anda harus melakukan pembayaran sebelum tanggal tersebut.

Namun ternyata tidak semua orang bisa membayar tagihan tepat waktu. Terkadang ada alasan mengapa Anda telat membayar tagihan misalnya karena lupa membayar atau uang ternyata sudah habis duluan sebelum digunakan untuk membayar tagihan. Karena telat membayar tagihan, Anda akan terkena denda yang memberatkan tagihan di bulan depannya. Untuk menghindari hal tersebut, berikut ini ada tips membayar tagihan tepat waktu yang bisa dipilih:

tagihan bpjs

Gunakan Pengingat di Ponsel

Jika telat membayar tagihan karena lupa maka ada baiknya Anda memanfaatkan pengingat di ponsel untuk mengingatkan. Atur pengingat 3-5 hari sebelum tanggal jatuh tempo sehingga Anda bisa melakukan persiapan apabila belum memiliki uang. Jika mengatur waktu terlalu mepet dengan tanggal jatuh tempo, bisa saja aplikasi mobile banking sedang bermasalah sehingga Anda kesulitan membayar tagihan.

Bayar Tagihan Melalui Aplikasi

Saat ini ada banyak e-wallet yang bisa digunakan untuk membayar tagihan bulanan termasuk BPJS. Pada beberapa aplikasi, pihak pengembang menyediakan fitur kalender untuk mengingatkan pengguna. Jadi ketika fitur tersebut sudah berbunyi, Anda bisa langsung melakukan pembayaran melalui aplikasi. Jangan lupa untuk menyimpan saldo di e-wallet agar Anda tidak kehabisan saldo ketika akan membayar tagihan.

Manfaatkan Fasilitas Kartu Kredit

Apabila Anda adalah pengguna kartu kredit maka Anda bisa memanfaatkan layanan tersebut. Setiap kartu kredit biasanya memberikan fasilitas yang diberi nama auto-pay. Dengan fasilitas tersebut, tagihan bulanan akan terbayarkan secara otomatis setiap tanggal jatuh tempo datang. Tidak hanya BPJS saja, fitur ini juga bisa digunakan untuk membayar tagihan lain seperti listrik, air, internet, dan lain sebagainya. Selanjutnya Anda hanya perlu mengingat pembayaran tagihan kartu kredit agar tidak terkena denda.

Jadikan Prioritas Ketika Gaji Datang

Tips terakhir dan paling penting adalah menjadikan tagihan sebagai prioritas. Jadi pada saat gajian, Anda sudah harus menyiapkan dana untuk membayar BPJS. Jangan pernah mengambil uang untuk membayar tagihan tersebut agar bisa selalu membayar BPJS tepat waktu.


Mudahnya Bayar BPJS Melalui Bank Sinarmas

Bank Sinarmas menghadirkan layanan memudahkan yang bisa digunakan untuk membayar tagihan, termasuk BPJS. Ada beberapa cara yang bisa dipilih untuk bayar tagihan BPJS di antaranya yaitu:

Melalui ATM

Mesin ATM Bank Sinarmas saat ini bisa Anda temukan dengan mudah di berbagai lokasi. Anda bisa membayar tagihan dengan masuk ke menu Pembayaran/Pembelian kemudian pilih Layanan Umum. Masukkan jumlah bulan yang ingin dibayar + 88888 + 11 digit nomor kepesertaan.

Melalui Internet Banking atau SimobiPlus

Jika tidak sempat mencari mesin ATM, Anda bisa bayar tagihan melalui layanan online seperti internet banking dan mobile banking. Caranya hampir sama yaitu pilihlah menu Pembayaran/Pembelian lalu Layanan Umum. Pada IDPEL masukkan 88888 + 11 digit nomor kepesertaan, sedangkan Jumlah Bulan diisi oleh jumlah bulan yang akan dibayar.

Melalui Teller Bank

Cara termudah yaitu datang ke kantor bank dan membayar melalui Teller. Mereka nantinya akan meminta nomor kepesertaan dan jumlah bulan yang akan dibayar.

Itulah informasi mengenai tips bayar tagihan BPJS tepat waktu dan cara membayar tagihan melalui Bank Sinarmas. Semoga informasi yang diberikan di atas dapat membantu Anda yang membutuhkannya. Informasi lebih lengkap mengenai layanan Bank Sinarmas bisa Anda lihat di website banksinarmas.com.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih Model Cincin Tunangan Berdasarkan Makna Psikologis

Cincin Simple Minimalis untuk Pernikahan yang Berkesan

Keuntungan Menggandeng Integrated Marketing Agency Sebagai Partner Bisnis