Tips Merawat Wedding Ring Couple Agar Tetap Awet

Cincin kawin pasangan atau wedding ring couple merupakan cincin yang digunakan sebagai lambang cinta antara pasangan suami istri. Pada umumnya, cincin ini menggunakan logam mulia seperti emas dan platinum dengan tambahan berlian sebagai penyempurnanya. Apapun bahan yang digunakan dalam pembuatan cincin, Anda pasti akan menggunakan cincin ini setiap hari. Karena selalu dipakai setiap hari, cincin kawin pasti juga bisa kusam dan kehilangan keindahannya apabila tidak dirawat dengan baik.

Perawatan cincin kawin dari emas, platinum, dan logam lain sebenarnya tidak sulit. Akan tetapi Anda tetap perlu mengetahui bagaimana perawatan yang tepat agar tidak salah. Berikut ini adalah beberapa tips merawat cincin kawin agar tetap awet hingga bisa dijadikan sebagai warisan:

Gunakan Cincin Saat Melakukan Aktivitas Ringan Saja

Kebiasaan sederhana seperti melepas cincin saat melakukan aktivitas berat perlu dijadikan perhatian. Beberapa logam cincin seperti emas memiliki sifat yang mudah tergores. Apabila digunakan untuk mengerjakan pekerjaan berat, maka bisa saja cincin Anda akan tergores. Untuk mengantisipasi hal tersebut, sebaiknya gunakan cincin saat melakukan aktivitas ringan saja.

Bersihkan Cincin ke Toko Perhiasan

Membersihkan wedding ring atau cincin nikah bisa dibilang gampang-gampang susah. Gampang karena cincin bisa dibersihkan sendiri dengan bahan seperti sabun, pasta gigi, dan lain-lain. Namun membersihkan cincin dikatakan susah karena jika tidak hati-hati cincin akan tergores. Sebagai jalan aman, sebaiknya bersihkan cincin toko perhiasan yang profesional.

Pilih Tempat Penyimpanan yang Tepat

Anda tidak boleh sembarangan menyimpan perhiasan, apalagi yang memiliki harga tinggi seperti cincin kawin. Saat cincin tidak dipakai, sebaiknya simpan di dalam kotak khusus yang memang digunakan untuk menyimpan perhiasan. Pastikan Anda meletakkan kotak di laci yang tidak terlalu lembab agar kilauannya tetap terjaga.

Hindari Bahan Kimia

Bahan kimia sangat berbahaya bagi perhiasan emas maupun berlian. Oleh sebab itu, Anda wajib menghindari bahan kimia saat menggunakan cincin kawin. Beberapa bahan kimia yang harus dihindari yaitu cairan pembersih lantai, makeup, parfum, produk skincare, dan lain sebagainya. Jangan lupa juga untuk melepas cincin saat Anda akan berenang karena air kolam renang mengandung kaporit yang tidak baik untuk perhiasan.

Sediakan Tempat Khusus Saat Bepergian

Tidak hanya kotak penyimpanan untuk di rumah saja, Anda juga harus menyediakan tempat khusus cincin kawin yang bisa digunakan saat bepergian. Ketika bepergian, Anda mungkin akan melakukan aktivitas berat atau berlebihan. Tempat khusus ini bisa digunakan untuk berjaga-jaga. Jadi Anda bisa menyimpannya dengan aman selama tidak digunakan saat bepergian.

Perbaiki Cincin

Meskipun sudah dijaga dengan baik, wedding ring milik Anda tetap berisiko rusak karena sebab tertentu. Jika memang cincin kawin Anda dirasa rusak, segeralah bawa ke toko perhiasan yang menyediakan jasa perbaikan atau reparasi. Jangan sampai cincin semakin rusak karena tidak diperbaiki padahal selalu dipakai setiap hari.

Asuransikan Cincin

Tips terakhir yaitu mendaftarkan asuransi pada cincin kawin Anda dan pasangan. Langkah ini mungkin bisa diambil jika cincin kawin Anda memiliki harga yang sangat tinggi. Dengan asuransi ini, maka Anda akan mendapatkan jaminan apabila terjadi hal yang tidak diinginkan.

Itulah beberapa tips yang bisa diikuti agar wedding ring couple milik Anda dan pasangan lebih awet. Ingin mendapatkan cincin kawin yang unik? Cobalah layanan custom dari Miss Mondial dan Mondial. Layanan custom dihadirkan untuk Anda yang menginginkan pernikahan eksklusif. Proses pembuatannya memakan waktu 4-6 minggu sehingga Anda harus memesan jauh-jauh hari. Selengkapnya mengenai layanan custom Miss Mondial dan Mondial bisa Anda lihat di mondialjeweler.com.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Pelembab yang Cocok Untuk Kulit Berjerawat

Penuhi Kebutuhan Informasi dengan Qnet MLM

Kelebihan Produk HomePure dari Qnet MLM