5 Kiat Sukses Mengambil Kuliah Kelas Karyawan Tanpa Drama




Salah satu dilema terbesar mahasiswa yang nyambi bekerja adalah "Apakah bisa konsisten dengan belajar dan bekerja sekaligus?" Jawabannya adalah ya, sudah banyak yang telah membuktikannya. Sekarang banyak kampus yang menyediakan program kuliah kelas karyawan yang dibuka untuk siapapun yang ingin berkuliah sambil bekerja. 

Meski demikian, tentu saja menjadi seorang pekerja sekaligus mahasiswa bukanlah pekerjaan yang mudah. Kamu seharusnya tidak perlu khawatir kalau menerapkan tips berikut ini. 

Tips Sukses Kuliah Sambil Kerja 




Pastikan Mengambil Kampus Yang Menyediakan Waktu Yang Lebih Fleksibel 


Jenis kampus dan program yang Kamu pilih sangat bergantung pada kesuksesanmu dalam meraih impian. Sekarang ada banyak sekali kampus yang menyediakan fleksibilitas seperti ini. Kamu bisa tetap bekerja dan tetap belajar di waktu yang sama. Yang menarik adalah Kamu bisa sesuaikan dengan jadwal Kamu bekerja. Terlebih sekarang banyak sekali kampus yang menyediakan kelas online. Kamu bisa ikut kelas kapan saja Kamu mau. 

Salah satu kampus terbaik yang bisa Kamu pilih adalah IDS Digital College. Kampus ini menyediakan kuliah kelas karyawan dengan standar kurikulum internasional. Tidak hanya itu, kampus ini juga memberikan real world assignment sehingga selain belajar, Kamu bisa praktek langsung. 

Belajarlah Mengelola Waktu Dengan Menentukan Skala Prioritas 


Menjadi seorang mahasiswa dan karyawan sekaligus bukanlah hal yang mudah. Kamu harus pandai-pandai memanfaatkan waktumu. Karena itu, pastikan sudah menguasai teknik time management yang sesuai dengan kesibukanmu. Tentukan skala prioritas mana yang perlu dikerjakan terlebih dahulu. Mungkin sesekali kamu ingin pergi bersenang-senang dengan rekan kerja, tapi ternyata Kamu masih punya tanggung jawab lain setelah kerja. Nah, sampai target tercapai, Kamu tidak boleh berleha-leha dan membuang waktu. 

Membangun skill time management akan membantumu mencapai gerbang kesuksesan lebih cepat. Salah satu hal termudah adalah dengan fokus mengerjakan tugasmu di waktu libur. Dengan cara ini, Kamu bisa menghabiskan sisa-sisa hari-hari kerjamu dengan belajar. 

Pajang "Study Plan"


Buatlah study plan yang besar dan pajang di ruang belajar ata kerja. Yang pasti, yang harus Kamu pajang adalah gambar perencanaan besar mulai dari harian, mingguan dan bulanan sehingga Kamu bisa melihat sejauh apa progresmu. Pastikan untuk meletakkan goal mu di kalender tersebut. 

Kamu bisa memulai untuk mencetak keseluruhan program trimester lengkap dengan detail pembelajaran yang sedang Kamu pelajari mulai dari topik hingga deadline tugas. 

Jangan Lupa Istirahat 


Dengan waktu Kamu yang super padat, sangat penting untuk mengambil waktu istirahat. Ini sangat penting supaya Kamu tidak mengalami burnout. Ada suatu masa Kamu mulai bosan dan kehilangan arah dengan apa yang sedang Kamu kerjakan. Ingat! Jangan menyerah. Ketika Kamu mengalami hal ini, itu artinya pertanda tubuhmu butuh istirahat. Pergilah cari udara segar atau liburan sederhana di hari Minggu dengan melakukan hal-hal yang lebih rileks supaya Kamu bisa menyelesaikan tugas dengan baik.

Beri Tahu Bosmu Kalau Kamu Juga Sedang Kuliah 


Nah, ini sangat penting untuk didiskusikan dengan bosmu kalau Kamu sedang kuliah. Ke depannya Kamu tidak akan mendapatkan perlakuan kurang enak hanya karena pekerjaanmu dinilai tidak profesional. Padahal ketika Kamu mencoba mengobrol dengan bosmu, mereka rata-rata akan menghargai kalau Kamu sedang berjuang menggapai cita-cita. 

Dengan berdiskusi seperti ini, bosmu mungkin akan mempertimbangkan beberapa keringanan seperti beban kerja atau waktu lembur yang dikurangi. Jadi tanggung jawabmu bisa lebih ringan dari sebelumnya. 

Nah, itulah kiat sukses mengambil kelas kuliah karyawan. Dengan strategi yang baik, bukan tidak mungkin kalau Kamu bisa menggapai cita-cita seperti mahasiswa kebanyakan. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih Model Cincin Tunangan Berdasarkan Makna Psikologis

Cincin Simple Minimalis untuk Pernikahan yang Berkesan

Keuntungan Menggandeng Integrated Marketing Agency Sebagai Partner Bisnis