4 Tipe Pencahayaan Untuk Desain Kamar Tidur Minimalis

Selain warna dan detail desain pada ruangan, pencahayaan juga menentukan kenyamanan dan keindahan ruangan Anda. Sebut saja salah satunya pencahayaan pada desain kamar tidur minimalis yang harusnya jauh lebih optimal agar tempat tidur Anda tidak hanya sekedar nyaman tapi juga menenangkan.

Berikut ini kami sudah merangkum beberapa jenis pencahayaan yang cocok dan ideal untuk kamar tidur minimalis Anda.

1.  Tipe Pencahayaan Concealing Lighting

Pencahayaan yang pas akan membuat kamar tidur Anda nyaman untuk beristirahat. Concealing lighting merupakan tipe pencahayaan yang cocok untuk Anda aplikasikan pada ruangan kamar tidur Anda.

Concealing lighting merupakan pencahayaan yang tersamarkan. Artinya, letak pencahayaannya tergolong tidak terlihat. Cahayanya bertipe pendar yang biasanya diletakan di balik rak di dinding.

Pencahayaan yang samar ini akan membuat kamar menjadi lebih teduh. Cocok dipadukan untuk kamar dengan warna kuning.

2.  Tipe Recessed Lighting

Suka kamar terlihat lebih bersih dan luas? Tipe yang kedua ini, yaitu recessed lighting adalah salah satu pilihan yang paling tepat dan ideal. Lampu ini juga dapat menegaskan kesan kamar yang luas sehingga cocok untuk kamar kecil yang minimalis.

Di sisi lain, pencahayaan ini merupakan jenis pencahayaan kecil yang tersebar di beberapa titik. Selain itu, karakter cahayanya pun sangat bersahabat di mata sehingga sangat cocok untuk kamar tidur.

Cahaya yang dihasilkan oleh recessed lighting ini sangat lembut dan cantik. Karena pencahayaan yang tersebar pada beberapa titik, maka ruangan pun akan tampak seperti berbintang.

3.  Lampu Dinding

Wall lighting menjadi solusi tepat untuk lampu tidur kekinian. Saat ini ada cukup banyak pilihan produk lampu dinding yang bisa Anda pilih. Cara penggunaannya pun terbilang mudah sekali diaplikasikan.

Lampu dinding ini akan membuat ruangan tempat Anda tidur menjadi lebih terasa nyaman dengan cahaya yang redup dan juga tidak berpendar. Selain itu, cahayanya tidak langsung tepat ke mata Anda karena penempatannya tidak berada di atas langit-langit.

4.  Tipe Down Lighting

Istilah down lighting yaitu untuk jenis lampu yang menonjolkan bagian-bagian tertentu saja pada suatu ruangan. Contohnya seperti lampu untuk menonjolkan sebuah karya seni  yang Anda letakkan di kamar tidur.

Down lighting dikenal juga dengan lampu spot. Lampu ini akan menerangi spot-spot tertentu di kamar Anda, contohnya seperti menyoroti gambar atau foto Anda dan keluarga yang ada di kamar.

Tips Mengoptimalkan Pencahayaan Kamar Tidur

Selain memilih jenis pencahayaan yang cocok, Anda juga harus dapat mengetahui bagaimana sebaiknya pencahayaan diaplikasikan pada kamar tidur. Berikut kami sudah merangkum tips yang bisa coba Anda aplikasikan saat mengoptimalkan pencahayaan pada kamar tidur.

Sesuaikan ukuran lampu dengan ukuran kamar Anda. Hal ini dapat berpengaruh pada ruangan dan juga jarak penerangan. Semakin luas kamar tidur Anda, sebaiknya pilihlah pencahayaan yang besar.

Sesuaikan tipe lampu dengan kegiatan yang biasa Anda lakukan di kamar. Maka dari itu, pertimbangkanlah kegiatan apa saja yang biasa Anda lakukan di kamar. Misalnya, jika Anda biasa belajar di kamar, maka pastikan Anda menggunakan pencahayaan yang cukup agar tidak membuat mata cepat lelah.

Pilih jenis pencahayaan yang cocok sesuai dengan ketinggian dan luas kamar. Luas dan ketinggian ruangan juga dapat mempengaruhi cahaya yang dibutuhkan. Jadi pastikan Anda memilih pencahayaan yang tepat.

Pada dasarnya, lampu kamar tidur tidak boleh terletak tepat di bagian tengah. Jadi sebaiknya menggunakan beberapa lampu dengan pencahayaan sedang berada di pinggir-pinggirnya saja. Tujuannya agar lampu tidak langsung tepat ke mata anda.

Demikian penjelasan seputar pencahayaan untuk desain kamar tidur minimalis. Untuk penjelasan lebih lanjut seputar desain rumah bisa Anda kunjungi website Master Rumah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Model Cincin Berlian Terbaik dan Mewah

Ring Mens Collection Dan Cara Merawatnya

Rekomendasi Pelembab yang Cocok Untuk Kulit Berjerawat