Cincin Tunangan Elegan dengan Berlian, Haruskah?



Bagi seorang wanita, dilamar dengan berlian memberikan kebahagiaan tersendiri. Tidak heran jika cincin tunangan elegan umumnya menggunakan berlian. Baik sebagai mata utama, maupun sebagai hiasan di sekeliling mata utama cincin. 


Bagi pasangan yang tengah kasmaran, melanjutkan hubungan ke tahap pertunangan merupakan pertanda keseriusan. Tidak hanya pasangan kekasih, hal tersebut juga menjadi harapan bagi keluarga besar dan orang terdekat di sekitar. Meski ini bukan tradisi asli Indonesia, kenyataannya prosesi pertunangan telah menjadi bagian dari siklus sebuah hubungan. 


Kenapa Memilih Berlian untuk Cincin Nikah Mewah? 

Pasangan yang resmi bertunangan biasanya saling menyematkan cincin di jari manis tangan kiri. Kemudian pada acara pernikahan, akan ditambahkan pula dengan cincin nikah mewah bertahta berlian. Namun apa penyebab berlian selalu ada di cincin tunangan? Begini penjelasannya. 


Tradisi menyematkan cincin di jari pasangan telah berlangsung sejak puluhan abad lalu. Tepatnya pada abad kedua Sebelum Masehi. Cincin pertunangan pada awal penggunaannya ini memiliki kesan romantis dan berisi simbol kepemilikan. Wanita yang telah mengenakan cincin tunangan berarti dia telah berkomitmen untuk setia dan menjadi milik tunangannya. 


Cincin juga disematkan pada jari manis tangan kiri karena berdasar mitos dari Mesir kuno. Pasalnya diyakini ada pembuluh darah yang terhubung langsung dengan jantung, menjadi perlambang cinta di dalam hati. Terlebih lagi ketika ada momen Archduke Maximilian dari Austria yang melamar Mary of Burgundy dengan menggunakan cincin berlian. Maka pesona berlian sebagai simbol cinta sejati pun semakin kuat. 


Di sisi lain, wanita mana yang sanggup menolak pesona berlian? Permata paling keras di dunia ini tidak hanya tampil indah, tetapi juga menawarkan status sosial tersendiri. Pengguna perhiasan dengan taburan berlian jelas terlihat lebih mewah, mahal dan glamor. Tidak heran jika cincin tunangan berlian pun menjadi favorit kaum hawa. 



Ragam Bentuk Berlian 

Cincin berlian memang memberikan kesan mewah, tapi jika dipilih dengan seksama. Pasalnya jika salah pilih, berlian pun akan gagal tampil istimewa. Berikut adalah beberapa bentuk berlian yang bisa dipilih untuk menghias cincin tunangan pilih Anda. 


Round Shaped Diamonds 

Round shaped diamonds atau bisa juga disebut dengan berlian bundar ini adalah bentuk paling populer di dunia. Hampir 75 persen berlian dipotong dalam bentuk round shaped diamonds. Alasannya karena mampu menghasilkan kilau yang lebih istimewa dibanding bentuk lain. Bahkan telah diadakan penelitian selama 100 tahun lebih untuk mengetahui alasan berlian dalam bentuk bundar tampak lebih berkilau. 


Fancy Shaped 

Fancy shaped kerap juga dikenal dengan potongan princess banyak dipilih untuk menghias cincin pertunangan. Pasalnya bentuk ini selalu cocok untuk cincin dengan desain seperti apapun. Uniknya lagi berlian fancy shaped ini jika semakin menyerupai persegi, maka harganya pun semakin murah. 

Secara kasat mata berlian princess terlihat seperti persegi. Namun sesungguhnya berlian tersebut berbentuk persegi panjang. Keempat sisi berlian rawan pecah, jadi harus ada prong yang berfungsi melapisi berlian agar tidak rusak. 


Oval

Berlian dengan bentuk oval memiliki kilau dan tampilan yang hampir sama dengan round shaped diamonds. Bentuknya yang sedikit panjang, membuat jari pemakainya pun terlihat lebih ramping. Selain itu karat berlian juga terlihat lebih besar meski ukuran sebenarnya tidak mengalami perubahan. 


Jadi harus kan menggunakan berlian untuk cincin tunangan elegan? Tidak harus sebenarnya, hanya saja berlian ini menjadi lambang kesungguhan pria dalam berkomitmen. Gerai Mondial Jewellery juga menyediakan banyak pilihan cincin berlian yang sesuai dengan keinginan pasangan yang ingin bertunangan. 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Model Cincin Berlian Terbaik dan Mewah

Ring Mens Collection Dan Cara Merawatnya

Kriteria Best Payment Gateway Indonesia Dalam E-commerce